5 Kelebihan Menjadi Perempuan yang Terbiasa Mencukupi Kebutuhan Sendiri

Endah Wijayanti30 Agu 2021, 12:40 WIB
Diperbarui 30 Agu 2021, 12:40 WIB
berbagi masalah

Fimela.com, Jakarta Zaman terus berubah. Ada banyak perubahan dalam hidup yang juga perlu kita hadapi. Semakin bertambah usia, semakin banyak hal yang perlu kita kompromikan. Termasuk dalam urusan memenuhi kebutuhan sendiri. 

Tidak selamanya kita bisa terus bergantung pada orang lain. Bahkan ada saat-saatnya kita perlu melakukan upaya terbaik untuk memenuhi berbagai kebutuhan sendiri dengan cara mandiri. Di antara kita pun pasti ada yang sudah terbiasa atau membiasakan diri mencari penghasilan yang paling tidak bisa membuat kita menjadi perempuan yang lebih independen. Terbiasa mencukupi kebutuhan sendiri ini pun bisa memperkuat karakter kita sebagai perempuan dewasa.

1. Tidak Mudah Panik saat Menghadapi Suatu Persoalan

Terbiasa mengurus banyak hal sendiri, kita sadar bahwa ujian dan cobaan adalah bagian dari kehidupan kita. Kita tahu bahwa permasalahan bisa datang silih berganti dalam hidup. Namun, hal itu tak membuat kita takut atau sedih. Malah kita bisa lebih siap dan kuat ketika muncul masalah baru. Sebab dari setiap masalah yang berhasil diatasi, ada kekuatan baru yang bisa kita dapatkan.

2. Mudah Membuat Orang Lain Merasa Lebih Nyaman

Sebagai contoh, karena kita sudah terbiasa bekerja dan memenuhi kebutuhan sendiri, kita tak lagi terus bergantung pada orang lain untuk meminta bantuan finansial. Setidaknya dengan begini kita bisa meringankan beban orang lain. Bahkan kita bisa memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan orang lain, dan hal ini bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Bisa membuat orang lain merasa nyaman di dekat ini merupakan kepuasan batin tersendiri untuk kita.

3. Memiliki Kemampuan Membagi Prioritas Hidup yang Seimbang

perempuan mandiri dan tangguh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/jidpipat_photo

Mengurus diri sendiri awalnya tidak mudah. Ketika pertama kali terjun di dunia kerja misalnya, kita akan dihadapkan pada berbagai prioritas hidup yang baru untuk dipikirkan. Menjadi dewasa memang tak pernah mudah, tetapi kita selalu bisa melakukan upaya terbaik untuk membangun prioritas agar tidak kebingungan menghadapi situasi tak terduga dalam hidup.

4. Lebih Mudah Menciptakan Kebahagiaan

Kebahagiaan adalah sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Saat kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri, kita tak akan terlalu gelisah dalam menjalani keseharian kita. Sebab kita bisa memegang kendali penuh atas hal-hal yang masih bisa kita usahakan. Bahkan dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita atau sesuatu yang kita usahakan sendiri, kita bisa menemukan sebentuk kebahagiaan yang sangat istimewa.

5. Tidak Manja

Tidak selalu bergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhan membuat kita lebih mandiri. Kita terbiasa memenuhi banyak kebutuhan sendiri, sehingga kita bisa lebih mandiri dan berani berdiri di atas kaki sendiri. Kita tidak manja dalam menjalani keseharian. Sebab kita sadar bahwa bersikap manja takkan serta merta membuat keadaan jadi lebih baik.

Bagi yang saat ini masih  berjuang untuk menghidupi diri sendiri, jangan menyerah atau putus asa. Yakinlah setiap kerja keras dan upayanya pasti akan berbuah manis. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela