Menurut Penelitian, Lebih Suka Memberi akan Membuatmu Merasakan Hal Ini

Endah Wijayanti01 Sep 2021, 15:35 WIB
Diperbarui 01 Sep 2021, 15:35 WIB
istirahat sejenak

Fimela.com, Jakarta Saat mendapat sesuatu atau mendapat hadiah dan kado, biasanya kita akan merasa sangat bahagia. Sebentuk perhatian yang diberikan orang lain bisa menghadirkan perasaan nyaman dan senang pada diri sendiri. Menerima sesuatu memang bisa menghadirkan perasaan positif.

Tapi tahukah bahwa lebih suka memberi bisa membuatmu lebih bahagia? Ada penelitian menarik terkait hal ini. Memahami hal ini pun pasti akan membuatmu lebih semangat dalam memberi daripada sekadar menerima.

Kebahagiaan yang Lebih Lama

cara alami bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melansir laman psychologicalscience.org, sebuah penelitian dari Amerika Serikat menemukan bahwa kita bisa mendapatkan kebahagiaan yang lebih lama dengan memberi, daripada menerima. Penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari University of Chicago Booth School of Business and Northwestern University Kellogg School of Management ini melibatkan serangkaian eksperimen untuk melihat mana yang bisa memberi kebahagiaan yang lebih tahan lama, apakah memberi hadiah untuk diri sendiri atau orang lain.

Dalam salah satu eksperimen, 96 partisipan menerima 5 dolar setiap hari selama lima hari dan diberi tugas acak untuk menggunakan uang itu, bisa untuk diri sendiri atau untuk orang lain. Dalam sehari uang 5 dolar itu harus habis, dan uang itu juga boleh saja digunakan untuk jadi uang tip atau didonasikan secara daring setiap hari.

Hasil eksperimen tersebut menunjukkan bahwa ketika mereka secara berulang memberi, kebahagiaan mereka tidak menurun. Kebahagiaan yang mereka rasakan dari memberi pada hari kelima sama kuatnya dengan kebahagiaan yang dirasakan pada hari pertama.

Intinya, lebih suka memberi bisa membuat kita lebih bahagia. Bahkan kebahagiaannya bisa bertahan lebih lama. Memang tak ada salahnya membelanjakan sesuatu untuk diri sendiri, tapi jangan sampai lupa untuk berbagi juga, ya. Berbagi dan memberi bisa menghadirkan dampak perubahan yang positif juga pada diri kita sendiri.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela