Sukses

Lifestyle

5 Alasan Rekening Tabungan Sebaiknya Terpisah

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang melakuka kesalahan dengan mencampur pengaturan beberapa pos kebutuhan tersebut dalam satu rekening yang sama. Dan ini menjadi alasan rekening tabungan sebaiknya terpisah. Tentu saja, mencampur tabungan dalam satu rekening memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya, dirimu jadi bingung melacak keuangan, lebih sulit membuat catatan keuangan, sulit mengatur keuangan dan menjadi lebih boros. Jadi, rekening tabungan sebaiknya terpisah dengan yang lain. Dilansir dari laman Finance Buzz, Kamis (2/9/2021) berikut 5 alasan rekening tabungan sebaiknya terpisah.

1. Bisa menabung untuk beberapa tujuan

Membuka lebih dari satu rekening tabungan dapat mempermudah menabung untuk berbagai tujuan. Daripada menyimpan semua uang dalam satu akun dan mencoba melacak apa yang telah disetorkan, menetapkan akun untuk setiap tujuan dapat menyederhanakan banyak hal. Seperti tabungan untuk dana darurat, tabungan untuk membeli mobil, tabungan untuk liburan dan sebagainya.

2. Melacak tabungan dengan lebih mudah

Dengan beberapa rekening tabungan membuat prosesnya lebih sederhana dan menghindari kemungkinan untuk lupa melakukannya sendiri. Jika Anda memiliki beberapa tujuan yang ingin disimpan, kamu dapat mengatur transfer berulang ke akun terpisah tanpa khawatir harus melacaknya satu persatu.

3. Mengendalikan pengeluaran

Dengan memisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk pengeluaran, misalnya, ini dapat membantumu untuk lebih berhemat karena sudah memiliki anggaran tertentu untuk memenuhi kebutuhan. Sebaliknya, jika mencampur rekening tabungan dengan rekening pengeluaran, itu bisa membuatmu tak bisa mengatur keuangan dengan baik dan cenderung ingin menghabiskan uang berlebih.

4. Manajemen keuangan yang sehat

Ketika dirimu memiliki pos-pos tabungan yang ditujukan untuk keperluan yang berbeda-beda, dirimu akan lebih memikirkan kebutuhan prioritas dan mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting, jadi secara otomatis dirimu sudah mencipatakan manajemen keuangan yang baik dan sehat.

5. Membantu berhemat

Dirimu harus tahu tujuan untuk menabung, berapa banyak yang dikumpulkan dan dengan waktu yang sudah ditentukan. Misalnya, kamu menyisihkan uang sebanyak Rp500 ribu setiap bukannya dalam waktu satu tahun untuk tujuan membeli ponsel. Dengan begitu, kamu akan lebih disiplin menabung dalam satu rekening dengan jumlah yang telah dan tidak menggunakannya untuk tujuan yang lain.

Itulah beberapa alasan pentingnya untuk kamu memiliki rekening tabungan yang terpisah. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading