Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Perempuan yang Berdamai dengan Kesepian

Fimela.com, Jakarta Saat sedang sendiri atau berada di keramaian, rasa kesepian bisa menghampiri begitu saja tanpa pernah kita duga. Rasa kesepian memang bagian dari kehidupan kita. Kita pun tak bisa terus memusuhi atau malah mengutuknya. Justru kita perlu berdamai dengan rasa kesepian agar bisa lebih nyaman dalam menjalani hidup.

Menjadi perempuan yang berdamai dengan kesepian bisa membuatmu bisa lebih tenang dan nyaman. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berdamai dengan rasa kesepian itu. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba.

1. Fokus pada Hal-Hal yang Bisa Kamu Kontrol

Kadang kita merasa kesepian karena terlalu fokus pada hal-hal yang ada di luar kendali diri. Misal, kita merasa kesepian karena belum punya pasangan. Saat kita belum bisa menemukan pasangan yang tepat, ya sudah terima saja realitas yang ada. Lalu, fokuslah pada hal lain yang bisa kamu kontrol, seperti mencurahkan waktu dan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

2. Ekspresikan Emosi dengan Cara yang Sehat

"Being present with your emotions. Reflecting and accepting your emotions. Connect to you. Journal, doodle, voice-memo and express yourself." -mentalhealth.org.uk

Terima rasa kesepian itu. Ekspresikan perasaanmu dengan jujur. Mungkin ada kesedihan, kekecewaan, atau kepahitan yang sedang kamu rasakan. Kadang saat kita merasa kesepian, ada emosi yang perlu kita ekspresikan. Dan hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah daya kreativitasmu. 

3. Terhubunglah dengan Seseorang yang Membuatmu Nyaman

Tak ada salahnya untuk menghubungi teman atau sahabat yang kamu percaya untuk berbagi cerita. Terhubunglah dengan seseorang yang bisa membuatmu nyaman dan pastinya kamu percaya. Kadang memiliki seseorang yang ada di sisimu bisa menghadirkan perasaan nyaman tersendiri. 

4. Menjaga Jarak dengan Pemicu Kesepian

Sebagai contoh, kamu malah merasa makin kesepian setiap kali membuka media sosial. Sebab tiap kali membuka media sosial, kamu merasa hidup orang lain jauh lebih baik darimu dan kamu merasa rendah diri hingga kesepian. Kalau media sosial menjadi pemicu kesepianmu, cobal ambil jeda dan berjaraklah dari media sosial untuk sementara waktu. Lalu, sibukkan diri dengan hal yang lain lebih dulu.

5. Berterima Kasih pada Diri Sendiri

Sudahi mengutuk nasib atau menyalahkan diri atas rasa kesepian yang kamu rasakan. Cobalah untuk berterima kasih pada diri sendiri. Dirimu sudah bertahan hingga sejauh ini adalah sesuatu yang luar biasa. Cobalah untuk lebih menyayangi diri sendiri apa adanya. Dengan begitu, akan ada perasaan yang lebih tenang dan nyaman yang bisa kamu rasakan.

Jika kamu merasa rasa kesepian yang hadir tak kunjung hilang, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, ya. Tetap sayangi dirimu dan usahakan yang terbaik untuk bisa menjalani hidup ini dengan penuh makna.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading