5 Cara Menghadirkan Rasa Nyaman dan Energi Positif dalam Dirimu

Endah Wijayanti05 Sep 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 05 Sep 2021, 11:45 WIB
lebih percaya diri

Fimela.com, Jakarta Kita tak bisa selalu bergantung pada orang lain untuk membuat kita merasa nyaman. Tak setiap saat ada orang yang bisa membantu kita untuk  bahagia kembali. Apalagi kalau kita sedang berada di situasi yang begitu pelik dan penuh masalah, rasanya untuk kembali berpikir positif itu susah sekali.

Meskipun tidak mudah, tapi selalu ada cara atau upaya yang bisa kita lakukan untuk membuat kita bisa kembali merasa nyaman. Ada cara-cara sederhana yang bisa kita coba untuk menghadirkan kembali energi positif dalam diri kita, seperti cara-cara berikut ini.

1. Menikmati Alam dan Udara Segar

Melansir laman lifehack.org, ada penelitian yang membuktikkan bahwa bersenang-senang di alam terbuka bisa menjaga kesehatan. Menghabiskan waktu di lingkungan alam yang tenang bisa bantu menurunkan stres, meningkatkan daya ingat kerja, dan membuat kita merasa lebih muda. Jadi, cobalah untuk sejenak menghirup udara segar untuk menghadirkan kembali rasa nyaman di dalam dirimu.

2. Membuat Orang Lain Tersenyum atau Bahagia

Membuat orang lain tersenyum bisa membuatmu ikut tersenyum. Lakukan sesuatu untuk berbagi kebahagiaa. Sebuah hal kecil yang kita lakukan untuk membuat orang lain bahagia bisa menghadirkan rasa bahagia dan kepuasan batin tersendiri untuk kita. Melakukan hal positif untuk orang lain bisa mengalirkan energi positif yang baru untuk diri kita sendiri.

 

3. Mensyukuri Semua yang Ada dan Segala yang Dipunya

cara alami bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Bersyukurlah atas hal-hal yang kamu punya. Syukuri semua yang sudah ada. Tanpa harus memikirkan hal-hal yang belum kamu miliki, kamu bisa lebih banyak bersyukur. Dan semakin banyak bersyukur, semakin banyak energi positif baru yang hadir di dalam dirimu. Nggak percaya? Mari dicoba dulu.

4. Lakukan Hal yang Membuatmu Bisa Beristirahat

Kecapekan bisa menyulitkanmu mendapatkan energi positif. Maka dari itu, cobalah untuk beristirahat. Lakukan hal yang membuatmua bisa mengisi kembali energimu. Ambil jeda sejenak dari semua kesibukan dan rutinitas pekerjaan. Kadang yang dibutuhkan tubuh dan pikiranmu saat ini adalah beristirahat untuk bisa kembali merasa nyaman.

5. Tarik Napas Dalam-Dalam

Latihan bernapasan bisa bantu menjernihkan pikiran. Coba tarik napas dalam-dalam, lalu embuskan perlahan. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang. Kadang karena terlalu fokus pada hal-hal buruk atau negatif, kita sampai lupa untuk sekadar bernapas dengan baik dan benar. Maka, latihan pernapasan setidaknya bisa kembali mengingatkan kita untuk lebih fokus menyelesaikan masalah daripada sekadar berkutat pada pikiran negatif yang terus menghantui.

Bagi kamu yang sedang bingung mencari cara untuk menenangkan diri, semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Kamu bisa mencobanya dari cara yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela