Sukses

Lifestyle

Mengenal Sejarah Hari Pelanggan Nasional yang Diperingati Setiap 4 September

Fimela.com, Jakarta Tepat hari ini, Sabtu 4 September 2021, diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas. Peringatan ini identik dengan berbagai promo dan diskon menarik yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan.

Melansir dari Hari Pelanggan, sejarah ditetapkannya Hari Pelanggan Nasional bermula dari ide yang dicetuskan oleh Handi Irawan pada 2003, seorang pengusaha dan Founder dari Frontier Consulting Group. Gagasan tersebut berangkat dari keinginannya untuk meningkatkan pelayanan perusahaan demi kepuasan pelanggan.

Peringatan Hari Pelanggan Nasional merupakan buah pemikiran dan pengalamannya selama bertahun-tahun dalam memahami perilaku berbagai perusahaan Tanah Air. Menurut Handi Irawan, melayani pelanggan menjadi kewajiban perusahaan. Namun, beberapa perusahaan kesulitan memahami pelanggan karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan.

Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Di sisi lain, harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan.

Atas dasar pemikiran inilah, Hari Pelanggan Nasional akhirnya dibentuk. Peringatan ini diharapkan mampu mendorong semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

Hari Pelanggan Nasional sendiri resmi dicanangkan pada 4 September 2003 oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia Periode 2001-2004. Kini, Hari Pelanggan Nasional dirayakan setiap tahun oleh berbagai jenis perusahaan di Tanah Air yang identik dengan pemberian promo, diskon, serta voucher.

Hari Pelanggan Nasional juga memiliki logo, berlambang senyum manusia dengan dasar warna hijau, dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer Indonesia.

“Logo ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan. Sementara itu, pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang,” tulis laman tersebut.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading