5 Kelebihan Perempuan yang Terbiasa Punya Penghasilan Sendiri

Endah Wijayanti06 Sep 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 06 Sep 2021, 09:09 WIB
semua berkat ibu

Fimela.com, Jakarta Bekerja keras sudah menjadi kebiasaan kita. Memenuhi kebutuhan hidup sendiri menjadi hal yang sudah biasa kita lakukan. Memiliki gaji atau penghasilan sendiri sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Bagi perempuan yang terbiasa memiliki penghasilan sendiri, ada kelebihan-kelebihan istimewa yang dimiliki oleh dirinya.

Memiliki penghasilan atau gaji sendiri bukan sebatas untuk bisa menjadi kaya secara materi. Lebih dari itu. Kebiasaan dan rutinitas yang menyertai kita sehingga punya penghasilan sendiri sedikit banyak akan memengaruhi karakter kita. Ada hal-hal positif yang bisa kita dapatkan ketika sudah terbiasa berdiri di atas kaki sendiri.

1. Lebih Tegas dalam Mengatur Prioritas Hidup

Sejak menerima gaji pertama, kamu mau tak mau sudah harus bisa membagi-bagi pos pengeluaran dan pemasukan dengan serapi mungkin. Mulai mengatur prioritas hidup dengan lebih tertata lagi. Misal, ada target untuk liburan pada akhir tahun, maka dari setiap penghasilan yang kamu terima, kamu menyisihkannya sebagian untuk ditabung. Prioritas hidup kamu atur sedemikian rupa agar kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik lagi.

2. Lebih Mudah Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Karena tahu dan paham sekali susahnya cari uang, kamu pun jadi terlatih untuk membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang cuma keinginan. Setiap kali akan membeli sesuatu di luar rencana atau anggaran, kamu selalu mempertimbangkan apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan atau hanya karena sedang ingin saja. Dengan pola pikir ini, kamu jadi punya kontrol diri yang lebih baik lagi saat membelanjakan uang.

3. Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Perempuan menabung
Ilustrasi/copyrightshutterstock/ By maroke

Uang yang kita hasilkan bagaikan bonus tersendiri atas kepuasan batin yang kita dapat dari memaksimalkan potensi yang kita punya. Bekerja dan mengembangan potensi menempa karakter kita untuk lebih percaya diri. Ada rasa percaya diri tinggi yang kita punya. Kita pun bisa lebih tegar dan kokoh berdiri di atas kaki sendiri tanpa selalu merepotkan orang lain.

4. Bisa Lebih Mudah Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Sebagai contoh, bisa membeli barang yang diinginkan dengan hasil kerja sendiri akan membuat kita merasa lebih bahagia. Kita bisa menciptakan dan menghadirkan kebahagiaan dengan cara kita sendiri. Punya penghasilan sendiri, ada hal-hal yang bisa kita kendalikan seperti dalam mengatur setiap pengeluaran. Kadang perlu juga membeli sesuatu sebagai bentuk hadiah untuk diri sendiri (self reward) selama itu masih sesuai dengan kemampuan kita, serta bisa jadi motivasi baru untuk bekerja lebih keras lagi.

5. Memiliki Hidup yang Lebih Bermakna

Bekerja menjadi bentuk aktualisasi diri. Selain bisa menghasilkan uang, kita juga bisa memberi manfaat pada sekitar. Dari kemampuan dan keahlian yang kita punya, kita bisa memberi manfaat atau membuat perubahan positif untuk sekitar kita. Hidup kita pun jadi terasa lebih bermakna. 

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa sih kelebihan atau keuntungan menjadi perempuan yang punya penghasilan sendiri? Boleh lho berbagai pendapat atau pengalaman juga di sini.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela