Sukses

Lifestyle

Saat Segalanya Terasa Berat, Sesekali Izinkan Dirimu Bersedih

Fimela.com, Jakarta Di antara kita mungkin terbiasa dididik untuk selalu menjadi perempuan kuat dan tak boleh memperlihatkan kesedihan. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kita akan dihadapkan pada banyak persoalan dan masalah baru yang tidak selalu mudah untuk diatasi. Adakalanya kita justru perlu menerima kesedihan dan mengizinkan diri untuk bersedih.

Kita boleh menangis. Boleh saja mengeluarkan air mata. Ketika segalanya terasa berat, izinkan dirimu untuk sesekali bersedih. Bukan untuk terus meratapi duka atau hal yang tidak menyenangkan, melainkan semata-mata untuk memberi waktu pada tubuh dan jiwamu untuk kembali tenang. Ketika cobaan hidup terus datang silih berganti, ada saatnya kita perlu mengambil jeda sejenak untuk beristirahat dan menenangkan diri.

Izinkan Diri Bersedih untuk Kebaikan Diri 

Dalam buku Hidup Apa Adanya, ada penjelasan bahwa menurut Sigmund Freud, pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi, rasa sedih yang tidak  benar-benar diluapkan bisa menimbulkan depresi. Dijelaskan lebih lanjut bahwa yang namanya perasaan bukanlah sesuatu yang bisa hilang begitu saja setelah ditahan-tahan supaya tidak meluap ke luar.

Jika terus dihalang-halangi, rasa sedih itu akan mengeras menajdi sebuah tembok beton. Menjadi sesuatu yang bisa menghalangi kita untuk melangkah ke depan. 

Bersedih Secukupnya untuk Meringankan Perasaanmu

“Don't be ashamed to weep; 'tis right to grieve. Tears are only water, and flowers, trees, and fruit cannot grow without water. But there must be sunlight also. A wounded heart will heal in time, and when it does, the memory and love of our lost ones is sealed inside to comfort us.”― Brian Jacques, Taggerung

Tak apa menangis dan bersedih selama itu bisa membantu meringankan hati dan perasaanmu. Kadang semua kesedihan itu perlu diluapkan agar tidak menjadi penghalangmu untuk melangkah ke depan. Mengambil jeda sejenak untuk berdamai dengan emosi dan perasaan bisa sangat memudahkanmu untuk menemukan semangat baru dalam jalani hidup.

Tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Tidak ada jaminan semuanya akan berjalan baik-baik saja. Emosi dan perasaanmu bisa naik turun. Kalau merasa lelah, beristirahatlah. Selama kamu tidak menyerah, akan selalu ada jalan baru yang terbuka untukmu.

Semoga apa pun masalah dan persoalan yang kamu hadapi saat ini bisa kamu atasi dengan baik, ya. Mungkin butuh waktu dan proses yang lebih lama, tetapi tak apa. Setiap pengalaman akan selalu menghadirkan pelajaran dan hikmah untuk membuat hidupmu jadi lebih bermakna.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading