Sukses

Lifestyle

4 Cara Mengembalikan Fungsi Indera Perasa Setelah Sembuh dari COVID-19

Fimela.com, Jakarta Kehilangan fungsi indera perasa dan penciuman memang menjadi salah satu gejala yang dialami oleh pasien COVID-19. Gejala ini lebih umum disebut anosmia.

Kondisi kehilangan fungsi indera perasa dan penciuman ini bahkan bisa terjadi meski pasien telah dinyatakan negatif COVID-19. Kondisi ini tentu akan membuat rasa tidak nyaman terutama jika terjadi dalam kurun waktu yang lama. Bisa berdampak pada penurunan nafsu makan, padahal kamu membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga stamina.

Ketika seseorang mengalami anosmia atau kehilangan fungsi indera perasa dan penciuman, tidak perlu merasa khawatir. Kondisi ini akan berangsur pulih jika dilakukan stimulus natural pada lidah.

Berikut ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan fungsi indera perasa pasca terkena COVID-19.

 

1. Konsumsi makanan favorit

Tentunya kamu akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang rasanya sesuai dengan seleramu. Tidak hanya meningkatkan nafsu makan, tetapi dengan mencicipi rasa favorit, kamu akan lebih mudah mengingat berbagai rasa yang ada dalam makanan tersebut. Secara perlahan, kamu akan membantu tubuh untuk memanifestasi setiap bayangan rasa yang tersentuh di area lidah.

Dalam waktu sementara, kamu bisa menambahkan bumbu atau kandungan perasa yang kamu sukai ke dalam makanan untuk memberikan stimulus lebih pada indera perasa. Misalnya, jika kamu menyukai rasa manis, maka kamu dapat menambahkan lebih banyak gula, namun tetap dengan takaran yang tidak berlebih.

2. Sering minum air putih

Mulut yang kering akan memperburuk kemampuan indera pengecap. Selain itu, untuk mengoptimalkan fungsi mengidentifikasi rasa, kebersihan area mulut juga harus selalu terjaga.

Perbanyak minum air mineral bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menetralisir titik perasa pada lidah. Cobalah untuk minum minimal delapan gelas atau sekitar dua liter air mineral sepanjang hari dan beberapa teguk di sela waktu makan supaya kamu bisa kembali menikmati sensasi rasa dari suatu makanan atau minuman.

 

3. Maksimalkan fungsi indera lainnya

Ketika indera perasa kehilangan fungsinya, maka kamu dapat mengalihkan fokus pada kemampuan indera lainnya, seperti penciuman, pendengaran, dan penglihatan. Kamu bisa memaksimalkan perhatian pada aroma, warna, bentuk, serta tekstur dan suara dari makanan saat dikunyah. Melalui cara ini, kamu akan memancing lidah untuk kembali mengenali sensasi berbagai rasa dengan menikmati pengalaman makan yang lebih menyenangkan.

4. Konsumsi makanan atau minuman dengan rasa yang kuat

Kebanyakan orang yang mengalami gejala Anosmia juga mengeluh lidahnya terasa pahit. Ketika kamu tidak bisa menikmati berbagai rasa, kamu bisa menstimulasi fungsi lidah dengan makanan ataupun minuman yang mengandung bahan dengan rasa yang kuat, seperti lemon, jeruk nipis, cuka, bawang putih, dan lainnya. Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan rasa manis, seperti kue tart, smoothies, dan buah-buahan juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menyeimbangi rasa pahit yang menurunkan nafsu makan.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading