7 Tanda Bahwa Kamu Telah Menerima dan Mencintai Dirimu Sendiri

Gayuh Tri Pinjungwati12 Sep 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 12 Sep 2021, 10:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Mungkin Sahabat Fimela pernah merasa ragu dengan diri sendiri. Kamu ragu dengan kemampuanmu sendiri, kamu meragukan beberapa hal yang ada pada dirimu. Ketika kita berjuang melalui rasa tidak aman dan kepercayaan diri yang rendah, mencintai diri kita sendiri dan menerima apa adanya merupakan sesuatu yang harus dicapai.

Kamu bisa menjadi diri sendiri yang lebih baik, jangan pernah berhenti memperbaiki diri, termasuk penerimaan diri. Dan berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu bisa menerima dan mencintai diri sendiri dengan penuh kasih. 

1. Lebih Tersenyum dan Periang

Ketika Sahabat Fimela bisa menerima diri sendiri apa adanya, kamu secara alami merasa santai dan nyaman. Kamu tidak lagi berpura-pura menjadi orang lain. Hidupmu lebih bahagia, dan akan lebih banyak tersenyum.

2. Berterima Kasih pada Masa Lalumu

Masa lalu, penyesalan dan kegagalan tidak lagi membuatmu sakit hati. Dengan sikap tenang, kamu berterima kasih kepada masa lalu atas pelajaran besar yang telah diajarkannya kepadamu dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kamu bisa melihat masa lalu bukan sebagai bentuk penyesalan tetapi sebuah pelajaran hidup.

3. Kritik Batin Lebih Tenang

Kamu telah belajar untuk mengontrol kritik batin dengan self-talk yang tepat. Kritik batin mungkin muncul sesekali, tetapi sekarang kamu tahu cara mengatasinya.

 4. Bersaing dengan Diri Sendiri

Kamu memahami bersaing dengan orang lain tidak ada gunanya. Kamu bersaing dengan dirimu sendiri dari hari ke hari untuk menjadi diri yang lebih baik. Kamu tidak akan membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Karena kamu berpikir, hidup bukan suatu perlombaan.

5. Kamu Terlihat Unik

single
ilustrasi/copyrightshutterstock/Teerawit Chankowet

Kamu sepenuhnya merangkul keunikan dirimu. Mencoba menyesuaikan diri sangat melelahkan, yang pada akhirnya membuatmu melakukan sesuatu sesuai dengan keinginanmu sendiri. Kamu melakukan sesuatu bukan karena orang lain, tetapi dorongan dari dirimu sendiri.

6. Bahagia atas Kesuksesan Orang Lain

Saat bahagia menjadi diri sendiri, kamu dipenuhi dengan cinta untuk diri sendiri dan orang lain. Kamu benar-benar senang melihat orang lain berhasil. Seluruh perspektif hidupmu telah bergeser dari kompetisi menjadi kebersamaan, mengejar harmoni atas kompetisi.

7. Tumbuh Lebih Percaya Diri

Kamu menghargai pilihan dan pendapatmu sendiri yang bebas dari pengaruh orang lain atas dirimu. Pengambilan keputusan tidak lagi menjadi beban atau menakutkan. Kamu menerimanya sebagai kesempatan untuk tumbuh dan belajar.

Menerima diri sendiri bisa membuatmu menjadi individu yang unik, kamu bisa menhargai segala hal dalam hidup. Bukan hal yang mudah memang untuk melakukannya, kamu perlu latihan untuk menerima diri apa adanya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela