Cenderung Narsis, Kenali 4 Sifat Orang yang Terlalu Percaya Diri

Gayuh Tri Pinjungwati17 Sep 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 17 Sep 2021, 18:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Percaya diri jelas merupakan sifat yang baik untuk dimiliki setiap orang. Namun, jika kepercayaan diri itu berlebihan, juga bisa berdampak buruk. Orang yang terlalu percaya diri biasanya terlihat sombong dan terlalu narsis.

Nah, berikut 4 ciri lain dari seseorang yang terlalu percaya diri. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Suka Membual dan Berpendapat

Orang yang terlalu percaya diri selalu merasa perlu untuk memberikan pendapat mereka tentang segala hal. Bahkan jika mereka tidak diminta memberikan saran. Mereka juga suka membual tentang diri mereka sendiri, baik itu prestasi, status sosial, pendidikan dan lainnya yang membuat dia terlihat baik.

2. Berusaha Membuktikan Bahwa Dirinya Benar

Mereka akan melakukan apa saja untuk membuat seseorang mengakui bahwa mereka benar. Mereka tidak ingin ditentang dan orang lain harus menerima pendapatnya.

 

3. Mencari Validasi

single
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mix and Match Studio

Orang yang terlalu percaya diri biasanya akan mencari validasi dari orang lain. Mereka menyukai pujian dan dukungan dari orang lain. Tak jarang, sebagian dari mereka memiliki kebiasaan manipulasi situasi untuk meningkatkan nilai diri mereka di mata orang.

4. Sangat Sensitif

Ini membuatnya sangat ironis, mereka bisa sangat tidak peka terhadap perasaan orang lain. Tetapi, ketika mereka mendapatkan kritikan, mereka berpikir bahwa mereka diserang secara tidak adil.  Tidak peduli apakah mereka diberikan kritik yang membangun dan disampaikan dengan sopan. Orang yang terlalu percaya diri akan berpikir bahwa pengkritiknya selalu salah.

Nah, itu tadi beberapa tanda orang yang terlalu percaya diri. Mungkin kamu perlu menghindari sifat ini ya, Sahabat Fimela. Percaya diri penting tapi jangan terlalu berlebihan.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela