5 Alasan Perempuan Berhak Sukses Sesuai Versinya Sendiri

Endah Wijayanti17 Sep 2021, 13:45 WIB
Diperbarui 17 Sep 2021, 13:45 WIB
perempuan percaya diri dan bahagia

Fimela.com, Jakarta Membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain secara berlebihan hanya akan menambah tekanan batin. Mengikuti standar hidup orang lain pun bisa membuatmu lelah sendiri. Kadang kita hanya perlu fokus menjalani hidup kita sendiri, berjuang mencapai kesuksesan dan kebahagiaan versi kita sendiri.

Kita punya hak untuk menentukan kesuksesan seperti apa yang kita inginkan. Tiap orang pasti punya pilihan hidup dan pertimbangan sendiri saat memilih sebuah jalan dalam hidup. Mulai dari soal pendidikan, pekerjaan, pernikahan, dan berbagai aspek kehidupan lainnya, kita punya hak menentukan jalan hidup kita sendiri. Kita berhak sukses sesuai versi kita sendiri.

1. Hidup Ini Hanya Sekali

"You are more powerful than you know; you are beautiful just as you are." -Melissa Etheridge

Hidup ini hanya sekali. Kita memang tak bisa selalu sempurna. Bahkan mungkin masih ada banyak kekurangan dan kesalahan yang membayangi hidup kita. Namun, bukan berarti kita gagal dalam segala hal. Kita bisa mencapai kesuksesan yang kita inginkan karena kita menyadari bahwa hidup ini selalu layak untuk diperjuangkan.

2. Membatasi Diri Hanya akan Memicu Penyesalan

"Don't limit yourself. Many people limit themselves to what they think they can do. You can go as far as you mind lets you. What you believe, you can achieve." -Mary Kay Ash

Misal, kamu punya keinginan untuk bisa menempuh pendidikan tinggi, tapi orang-orang di sekitarmu bilang, "Nanti cowok minder lho kalau pendidikanmu terlalu tinggi." Di sini, kamu tak perlu takut untuk terus melangkah ke depan. Membatasi diri hanya akan membuatmu menyesal sendiri. Jadi, tetaplah melangkah menjadi pribadi sukses dan bahagia karena kamu menyadari dirimu adalah sosok yang berharga.

 

3. Hidup Ini Penuh Ketidakpastian

perempuan percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/PRImageFactory

"I don't believe in guilt, I believe in living on impulse as long as you never intentionally hurt another person, and don't judge people in your life. I think you should live completely free." -Angelina Jolie

Sudah saatnya menjadi perempuan yang mandiri dan berani berdiri di atas kaki sendiri. Menjadi sukses bisa menjadi pilihan sebagai sebuah cara untuk bertahan hidup. Sebab hidup ini penuh ketidakpastian. Kalau kita tidak menguatkan diri sendiri, kita bisa terjatuh kapan saja di saat tak terduga.

4. Punya Lebih Banyak Kesempatan Menebar Manfaat

"Keep on going, and the chances are that you will stumble on something, perhaps when you are least expecting it. I never heard of anyone ever stumbling on something sitting down." -Charles F. Kettering

Menjadi sukses kita punya lebih banyak peluang atau kesempatan untuk menebar lebih banyak manfaat. Sebagai contoh, saat kita punya bisnis yang berhasil kita rintis, kita bisa membuka lebih banyak lapangan kerja untuk orang lain. Atau dari posisi atau jabatan yang kita punya di suatu perusahaan, kita bisa memberi lebih banyak kontribusi positif untuk pertumbuhan perusahaan. Intinya dengan menjadi perempuan sukses, kita bisa menghadirkan lebih banyak manfaat, dan ini adalah bentuk anugerah indah tersendiri.

5. Punya Hak untuk Bahagia

"Define success on your own terms, achieve it by your own rules, and build a life you're proud to live." -Anne Sweeney

Ya, kita berhak untuk bahagia. Maka, kita punya hak pula untuk menjadi sukses sesuai versi kita sendiri. Tak harus mengikuti standar pencapaian orang lain, terlebih tiap orang punya permulaan dan perjalanan yang berbeda-beda. Yang penting kita menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya agar bisa menemukan dan menciptakan kebahagiaan yang lebih bermakna.

Jadi, apa definisi sukses menurut versimu, Sahabat Fimela? Apa pun impian dan cita-citamu, semoga semua bisa tercapai, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela