Sukses

Lifestyle

Riset Membuktikan: Perempuan Pegiat UMKM Meningkat selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka bahwa kondisi pandemi justru menjadi momentum yang tepat untuk memulai usaha daring? Hal ini ternyata dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk memulai bisnis UMKM yang dimulai secara daring lewat aplikasi e-commerce. 

Tokopedia menunjukkan terdapat penambahan jumlah penjual, khususnya bisnis UMKM di platformnya selama pandemi sebesar 3,7 juta dari 7,3 juta pada Februari 2020 menjadi lebih dari 11 juta pada Juni 2021. 

“Riset LPEM FEB UI 2020 di sisi lain mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” ujar Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah, dikutip dari keterangan pers, pada Sabtu (18/9). 

Menurut Falah, Tokopedia konsisten membantu sebanyak-banyaknya perempuan pegiat UMKM lokal lainnya melalui berbagai panggung digital yang sebelumnya merupakan kegiatan offline, seperti Market & Museum at Home, OH! Beauty Festival, Semasa di Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Para Pelaku UMKM Mengalami Kenaikan Transaksi

Dalam keterangan pers dijelaskan bahwa dalam Kategori Makanan dan Minuman, Prima Hayuningputri dan Anika Miranti merupakan contoh perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis di tengan pandemi lewat Tokopedia. Usaha mereka yakni Mad Bagel mengalami peningkatan penjualan hampir 4x lipat berkat mengikuti program Tokopedia Nyam. 

Selain itu, bisnis dalam bidang fashion pun mengalami hal yang sama. Dalam hal ini, UMKM lokal penggerak kategori fashion di Tokopedia, yakni Dakara Indonesia, VIVIZUBEDI, Ederra Indonesia, NRHxNabila merasakan dampak yang signifikan dalam segi jumlah transaksi.

Mendorong Tren Belanja Secara Online

Berbagai inisiatif yang telah dilakukan Tokopedia telah mendorong tren belanja kebutuhan sehari-hari termasuk produk fashion, kecantikan, kesehatan dan perawatan diri secara online terus meningkat selama pandemi. 

“Kategori kecantikan dan fashion di Tokopedia menjadi beberapa kategori dengan peningkatan paling pesat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,” tambah Falah. 

Tak hanya mendukung perempuan pegiat UMKM lokal, Tokopedia juga terus memberikan ruang kepada para talenta digital perempuan untuk bisa berkarya bagi Indonesia melalui kegiatan START Summit Extension: Women in Tech. 

Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin mewadahi para talenta digital perempuan untuk mengembangkan diri, sekaligus menginspirasi lebih banyak lagi perempuan untuk berkarir di bidang teknologi. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading