5 Permainan Tradisional Khas Korea Selatan yang Diadopsi di Drama Squid Game

Imelda Rahma21 Sep 2021, 13:42 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 14:09 WIB
Squid Game. (Twitter/ NetflixID)

Fimela.com, Jakarta Para penggemar drama Korea kedatangan satu tayangan baru bertajuk Squid Game yang sudah tayang sejak 17 September 2021. Tema yang diangkat terbilang beda dari kebanyakan drakor lain, yakni soal permainan misterius nan mematikan.

Drakor yang tayang di Netflix ini mengisahkan permainan berdarah yang menawarkan hadiah 45,6 miliar won, atau sekitar setengah triliun rupiah, kepada pemenang. Namun, taruhannya adalah nyawa.

Pesertanya berjumlah 456 orang dengan berbagai masalah hidup. Ada Ki Hoon (Lee Jung Jae) yang punya setumpuk utang, Sae Byeok (Jung Ho Yeon) si pencopet dengan kehidupan keras, Deok Su (Heo Sung Tae) yang merupakan seorang gangster, dan lainnya.

Siapa sangka, ternyata ada beberapa fakta menarik yang melatarbelakangi drama ini. Dilansir dari beragam sumber, diketahui bahwa drama ini mengadopsi beberapa permainan tradisional khas Korea Selatan. Itulah mengapa drama ini memiliki sentuhan alur cerita yang ikonik dan beda dari yang lain. 

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini telah merangkum 5 permainan tradisional khas Korea Selatan yang diadopsi di drama Squid Game. Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Permainan Lampu Hijau, Lampu Merah

Permainan Lampu Hijau, Lampu Merah
Foto Cuplikan Drama Squid Game Credit: Netflix

Salah satu permainan utama dalam drama ini ialah permainan Lampu Merah, Lampu Hijau yang muncul dalam episode satu di mana para peserta tidak boleh bergerak saat boneka besar menoleh ke arahnya. Apabila ada pergerakan sedikit pun, maka peserta akan mati. Pastinya scene ini membuat para penonton akan merasa tegang. 

Permainan Sarang Madu Gula atau Dalgona

Permainan Sarang Madu Gula atau Dalgona
Foto Cuplikan Drama Squid Game Credit: Netflix

Dalam episode ketiga Squid Game yang berjudul The Man with the Umbrella menampilkan permainan tradisional lain yang disebut sarang madu gula. Ini seperti membuat camilan dalgona dari gula yang dilelehkan bersama baking powder. Permainan juga termasuk dalam permainan tradisional Korea Selatan. 

Dengan hanya tersisa 212 peserta, masing-masing pemain diberikan sebuah kaleng bundar yang berisi sepotong gula yang sudah tercetak dalam beberapa bentuk, yakni segitiga, lingkaran, bintang, dan payung. Pada permainan tersebut, peserta ditantang untuk memotong bentuk dengan jarum tanpa merusak bentuk cetakannya, atau mati.

Permainan Tarik Tambang

Tarik Tambang
Foto Cuplikan Drama Squid Game Credit: Netflix

Sekilas permainan yang stau ini nampaknya mirip dengan permainan tradisional Indonesia yang sering diadakan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan. Tarik tambang juga menjadi permainan tradisional anak di Korea. Bedanya, Squid Game membuat permainan ini skala besar dan sangat mematikan di atas ketinggian.

Aturannya, setiap tim harus menarik tali bersama anggotanya untuk menyeret tim lawan. Dan bendera harus melewati garis tengah agar mereka dinyatakan sebagai pemenang. Namun di Squid Game, pemenang ditentukan apabila tim lawan dibuat jatuh ke bawah.

Permainan Batu Loncatan Kaca

Batu Loncatan Kaca
Foto Cuplikan Drama Squid Game Credit: Netflix

Pada episode ketujuh dalam drama Squid Game, sisa peserta menghadapi tantangan untuk melewati dua jembatan yang berdekatan dan memilih mana yang normal dan kaca tiruan. Jika mereka menginjak kaca yang salah, maka akan jatuh dari ketinggian.

Permainan Kelereng

Permainan Kelereng
Foto Cuplikan Drama Squid Game Credit: Netflix

Dengan setting perumahan zaman dahulu, episode ke-6 Squid Game menampilkan permainan kelereng yang berujung dramatis karena menyoroti persahabatan, pengkhianatan, dan pengorbanan para pemain. Para peserta harus melawan pasangan yang awalnya dipilih untuk maju bersama.

Untuk babak ini, masing-masing peserta diberi tas dengan sepuluh kelereng di dalamnya. Mereka memiliki waktu 30 menit untuk mengambil semua kelereng rekan setimnya untuk dinyatakan sebagai pemenang.

Itulah beberapa permainan tradisional khas Korea Selatan yang ada di drama fenomenal Squid Game, pastinya Sahabat Fimela bisa menontonnya secara langsung di Netflix kesayangan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela