7 Ciri Sosiopat yang Bisa Dikenali

Baiq Nurul Nahdiat23 Sep 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 08:15 WIB
Ciri Sosiopat yang Bisa Dikenali

Fimela.com, Jakarta Istilah sosiopat merujuk pada orang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial. Seorang sosiopat cenderung tak peduli dengan perbuatannya yang berdampak pada sekitar, apakah itu merugikan diri sendiri atau orang lain. Dan ini membuatnya bersikap sesuka hati tanpa memerhatikan aturan yang ada.

Melansir dari laman Health, Rabu (22/9/2021) berikut ini beberapa ciri sosiopat yang bisa dikenali.

1. Kurangnya empati

Kurangnya empati adalah salah satu tanda sosiopat yang paling mudah dikenali, terutama ketidakmampuan untuk menyesali tindakannya. Sehingga mereka agak bebas untuk melakukan apa saja dan tidak peduli dengan perasaan orang lain.

2. Sulit menjali hubungan

Orang yang sosiopat juga merasa sulit untuk menjalin katan emosional, sehingga hubungan mereka seringkali tidak stabil. Dan ini membuatnya berpikir untuk mencari keuntungan dalam hubungan tersebut, melalui intimidasi atau penipuan.

3. Manipulatif

Sosiopat cenderung mencoba merayu dan mengambil hati orang-orang di sekitar mereka untuk keuntungan mereka sendiri atau untuk hiburan. Seorang sosiopat sangat mudah meyakinkan orang lain hanya dengan kata-katanya.

4. Pandai berbohong

Ciri Sosiopat yang Bisa Dikenali
Ciri Sosiopat yang Bisa Dikenali. (ilustrasi/interstid/Shutterstock)

Sosiopat memiliki reputasi sebagai orang yang tidak jujur ​​dan penipu. Mereka sering merasa nyaman berbohong untuk mendapatkan keuntungan atau untuk keluar dari masalah. Mereka sering memutar balikkan fakta jika itu sesuai dengan kepentingannya.

5. Tidak berperasaan

Beberapa mungkin terbuka melakukan kekerasan dan agresif, tapi seorang sosiopat cenderung menunjukkan ketidakpedulian terhadap perasaan orang lain.

6. Suka permusuhan

Ciri Sosiopat yang Bisa Dikenali
Ciri Sosiopat yang Bisa Dikenali. (ilustrasi/copyright by Michael D Edwards/Shutterstock)

Sosiopat tidak hanya memusuhi diri mereka sendiri, tetapi mereka lebih cenderung menafsirkan perilaku orang lain sebagai permusuhan, yang mendorong mereka untuk membalas dendam.

7. Tidak punya teman

Orang dengan gangguan kepribadian antisosial biasanya tidak memiliki teman. Pada beberapa kasus, seorang sosiopat mungkin saja memiliki teman. Namun, hubungannya bukan hubungan yang mendalam.

Perlu diingat, beberapa ciri di atas tidak bisa dijadikan acuan yang menunjukkan bahwa seseorang pasti sosiopat. Semua perilaku tersebut hanyalah gambaran besar yang dapat dijadikan petunjuk saat berkonsultasi dengan tenaga profesional.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela