Menurut Penelitian, Ini Karakter Orang yang Terbiasa Bicara Sambil Menggerakkan Tangan

Endah Wijayanti23 Sep 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 23 Sep 2021, 16:42 WIB
persahabatan perempuan 30an

Fimela.com, Jakarta Tiap orang punya cara berkomunikasi dan gaya bicara sendiri. Yang paling sering kita temukan atau bahkan kita sendiri yang terbiasa melakukannya adalah berbicara sambil menggerakkan tangan. Apalagi ketika sedang menjelaskan sesuatu, gestur tangan selalu digunakan saat bicara.

Ada hal menarik dari karakter seseorang yang terbiasa bicara sambil menggerakkan tangan. Melansir laman Huffington Post, Dr. Carol Kinsey Goman, pakar bahasa tubuh dan penulis buku The Nonverbal Advantage: Secrets and Science of Body Language at Work and The Silent Language of Leaders, memaparkan bahwa gestur tangan adalah aspek komunikasi yang sangat kuat, baik dari sudut pandang pendengar maupuan pembicara. Sebuah penelitian menarik pun mengungkap karakter orang yang terbiasa bicara sambil menggerakkan tangan.

Hangat, Menyenangkan, dan Energik

sahabat
ilustrasi./Photo by José Luis Photographer from Pexels

Sebuah penelitian tahun 2015 yang menganalisis TED Talks menemukan bahwa pembicara paling populer menggunakan sekitar 465 gestur tangan. Jumlah gestur tersebut nyaris dua kali lebih banyak daripada yang digunakan para pembicara yang kurang populer.

Penelitian lain, yang dilansir dari laman Forbes, menemukan bahwa orang yang berbicara dengan menggunakan tangannya dikenal sebagai pribadi yang hangat, menyenangkan, dan energik. Sementara yang jarang menggunakan gerakan tangan saat berbicara cenderung pribadi yang logis, dingin, dan analitis. Wah, cukup menarik juga ya temuan ini.

Tubuh kita memang punya peran penting dalam cara kita berpikir. Gerakan tangan bisa sangat membantu kita mengeluarkan isi pikiran kita dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh orang lain.

Orang yang terbiasa menggerakkan tangan saat berbicara pun bisa menemukan kenyamanan sendiri ketika berkomunikasi. Apakah kamu termasuk orang yang terbiasa menggerakkan tangan saat berbicara?

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela