3 Tips Mudah Berdamai dengan Diri Sendiri

Fimela Reporter24 Sep 2021, 17:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2021, 08:42 WIB
Menjaga Kesehatan Mental, Ini Dia Tips Mudah Berdamai Dengan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Berdamai dengan diri sendiri tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Hal mudah untuk bisa berdamai dengan diri sendiri adalah kamu harus belajar untuk menghargai, merasakan, dan mendengarkan. Hal tersebut tentunya membutuhkan waktu yang lama atau bahkan seumur hidupmu untuk bisa memahami dan mengetahui apa yang sebenernya kamu butuhkan.

Sebagian orang terkadang terlalu keras dengan dirinya sendiri dan tidak pernah merasa cukup dengan apa yang dia miliki. Inilah pentingnya kamu harus bisa berdamai dengan diri sendiri demi menjaga kesehatan mentalmu. Yuk, simak tips untuk mulai mengenal dan berdamai dengan diri sendiri.

1. Memaafkan diri sendiri

Setiap orang pasti mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain. Namun, tidak mudah untuk memaafkan diri sendiri.  Terkadang kamu tidak bisa menerima dan terlalu keras terhadap dirimu sendiri. Padahal memang dirimu sendiri tidak sempurna dan bisa membuat kesalahan. Dengan menyalahkan diri sendiri pasti tidak ada ujungnya. Cukup kamu jadikan pembelajaran agar tidak terulang lagi kedepannya. Yuk mulai untuk memaafkan diri sendiri ya!

2. Istirahat sejenak

pergi ke pantai
Istirahat sejenak/ copyright shutterstock

Tips ini penting sekali dilakukan khususnya untukmu yang suka bekerja keras dan lupa untuk istirahat. Walaupun kamu menjadi orang yang bekerja keras, tapi jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Fisik dan mentalmu butuh untuk istirahat seperti jalan-jalan ke pantai atau hanya sekadar menghirup udara segar di luar.

3. Belajar mengikhlaskan

Kata ikhlas mudah untuk dikatakan tetapi sulit untuk dijalankan. Apalagi saat kamu sedang mengalami kegagalan pasti akan ada rasa penyelesalan yang muncul.  Saatnya kamu untuk ikhlas dan bisa menerima apa yang sudah terjadi. Jika kamu sudah bisa mengikhlaskan, kamu akan bisa pertahani. 

Nah, itu dia tips mudah untuk berdamai dengan diri sendiri. Tips apa yang sering sahabat fimela lakuin nih?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela