Memperingati Hari Tani di 24 September 2021 dengan Mempercepat Performa Pertanian

Vinsensia Dianawanti24 Sep 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi pria Lulusan S2 Kerap Dicibir Jadi Petani Jamur

Fimela.com, Jakarta Setiap 24 September, Indonesia memperingatinya sebagai Hari Tani Nasional. Mengingat Indonesia sendiri merupakan negara agraris yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian maupun penopang pembangunan negara.

Sektor pertanian sendiri menyumbangkan PDB yang cukup besar saat ini. Namun perannya kian menurun akibat pertumbuhan di sektor nonpertanian yang relatif lebih cepat dari pertumbuhan sektor pertanian.

Kesejahteraan petani juga menjadi masalah lain karena keuntungan dari hasil kerja tani kerap tidak mencukupi modal yang digunakan.

Di peringatan Hari Tani, penting untuk menjadi pengingat dan penandan bahwa pertanian yang kerap digemborkan untuk menopang perekonomian bangsa hendaknya tidak melupakan kesejahteraan petani itu sendiri.

 

Tema Hari Tani 2021

[Fimela] Ilustrasi Petani
Ilustrasi Petani | Karla Farhana/fimela.com

Oleh karena itu Hari Tani Nasional 2021, SPI mengambil tema "Percepatan Penyelesaian Konflik Agraria dan Penguatan Kebijakan Reforma Agraria untuk Menegakkan Kedaulatan Pangan dan Memajukan Kesejahteraan Petani dan Rakyat Indonesia”.

Dari tema ini, menjadi upaya untuk terus menguatkan performa agraria dan penguatan kebijakan terkait industri pertanian itu sendiri. SPI juga mendorong pembentukan kampung-kampung reforma agraria dan kawasan daulat pangan. Ini bisa menjadi kekuatan petani sebagai motor penggerak utama dalam redistribusi tanah dan membangun kehidupan secara kolektif.

Kampung-kampung reforma agraria sendiri merupakan wujud dari pelaksanaan reforma agraria sejati. Selain menjawab persoalan ketimpangan kepemilikan tanah di Indonesia, kampung reforma agraria SPI juga menjadi fondasi penting bagi pelaksanaan kedaulatan pangan di Indonesia.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela