Dalam Keseharian, Penggunaan Uang bagai Pisau Bermata Dua

Endah Wijayanti29 Sep 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2021, 10:00 WIB
THR

Fimela.com, Jakarta Setiap harinya kita berurusan dengan uang. Menghasilkan uang hingga mengatur uang menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian kita. Bahkan masing-masing dari kita punya cara tersendiri dalam memaknai uang. Dalam tulisan kali ini, Sahabat Fimela berbagi sudut pandang tentang uang yang diikutsertakan dalam Aku dan Uang: Berbagi Kisah tentang Suka Duka Mengatur Keuangan. Selengkapnya, yuk langsung simak di sini.

***

Oleh:  Herlan Agustin

Memang uang bukan segalanya akan tetapi segalanya butuh pakai uang. Kebutuhan sehari-hari butuh uang. Biaya sekolah anak butuh uang. Sampai ada yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang . Akan tetapi bijaklah dalam menggunakan uang karena uang dapat menjadi pengingat bagi saya, kita, dan orang terdekat, bahwa kebahagiaan tidak hanya dapat diraih dengan uang. 

Uang merupakan suatu benda yang sangat dibutuhkan banyak orang. Dalam bekerja tujuan semua orang tentunya adalah untuk mendapatkan uang. Tidak sedikit orang menghabiskan waktu mereka demi mendapatkan uang, sepeti halnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita memerlukan uang, sehingga uang menjadi hal penting yang harus kita dapatkan.

 

Mengatur Uang dengan Bijak

aku uang dan rasa syukur
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Sirilukok

Di samping itu uang bernilai untuk melakukan transaksi pembelian, uang juga dapat mengukur tingkat sosial seseorang. Mereka yang mempunyai banyak uang terkadang memiliki tempat khusus di mata banyak orang. Hal itu nyata terjadi di sekitar lingkungan saya.

Banyak yang beruang disanjung-sanjung seolah bangga dengan harta bendanya itu sehingga terkadang kita sering lupa uang bagai dua mata pisau yang tajam, jika kita tidak bisa mempergunakan dan memaknai akan uang tersebut. Dengan hal itu semua, tak sepatutnya kita menghamba kepada uang atau menuhankan uang, karena tak selamanya uang dapat membahagiakan kita.

Ada kalanya uang juga dapat membutakan mata kita, dan membuat hubungan dengan keluarga atau teman rusak hanya karena uang. Dan saya selalu berusaha sebaik mungkin mengelola uang dalam kehidupan saya juga saya berusaha tetap bijak dalam mengartikan tentang uang bukan segalanya, agar mengerti arti sebenarnya dari uang. 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela