Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Hadirkan Helm Sesuai dengan Karakter Pengendara, Trooper Custom Tingkatkan Budaya Handicraft di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Bermotor menjadi kegiatan yang diminati oleh banyak orang, terlepas dari gender. Aktivitas ini tak hanya dapat menjadi hobi bagi banyak orang, bermotor juga dapat mengundang dan memperkuat relasi bagi para penyukanya. Bermotor dapat menjadi tempat untuk mewadahi hobi dan kreativitas penyukanya, seperti bisnis Trooper Custom. 

Berdiri sejak tahun 2015, Trooper Custom merupakan bisnis lokal yang menghadirkan helm buatan tangan. Bisnis ini muncul ketika sekumpulan penyuka motor yang memiliki kreativitas tinggi bertemu. Melalui bisnis ini, tim Trooper mencurahkan inovasi dan kreativitas mereka melalui desain dan lukisan unik yang tergores pada helm. 

Ide dari bisnis Trooper Custom awal mulanya muncul pada sebuah garasi sederhana. Tanpa ditemani oleh mesin-mesin yang canggih, tim Trooper merancang helm dengan sentuhan tangan dan kreativitas pemuda di Solo. Hal ini membuat produk helm dari Trooper Custom terasa spesial dan membekas untuk para penggunanya.

“Pembuatan helm dibuat oleh teman-teman di Trooper dari nol, tanpa mesin-mesin yang canggih. Desain dan motif-motif melalui lukisan yang kita gores pada helm pun menjadi keunikan sendiri bagi pemilik helm Trooper. Oleh karena itu, ketika kita membeli helm dari Trooper, bukan hanya kita mementingkan segi keselamatan, tetapi kita juga menjadi bagian dari sebuah culture. Di mana kita dapat mengapresiasi craftsmanship dari anak-anak muda yang kreatif ini,” ungkap Peter Chandra selaku co-owner dari Trooper Custom di Virtual Press Conference Trooper Custom 2021 pada Rabu (29/09).

Berawal dari kesukaan komunitas akan motor klasik

Mengusung tema retro, Trooper custom muncul ketika sebuah ide terbesit dari komunitas penyuka motor klasik. Bisnis ini muncul ketika komunitas Trooper ingin menonjolkan ciri khas mereka melalui media motor. Trooper Custom pun menjadi wadah bagi komunitas motor klasik untuk mendesain helm kostum mereka sendiri. Tak hanya itu, melalui kemampuan handicraft tim, Trooper Custom ingin menunjukkan bahwa produk lokal dapat bersaing dengan produk yang tersebut di pasaran. 

Kualitas dan kenyamanan para pengguna menjadi strategi bisnis oleh Trooper Custom. Didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan dan menjamin keamanan sang pengguna, tahun ini Trooper Custom sudah bersertifikasi SNI. Hal ini pun meningkatkan minat konsumennya, terutama bagi pengendara motor yang memiliki keprihatinan atas keselamatan. 

“Produk helm dari Trooper Custom dapat dikatakan eksklusif bagi para pengguna helm. Karena helm yang mereka gunakan hanya ada satu di antara helm lainnya. Konsumen dapat menuangkan ide mereka ke dalam desain helm. Helm yang mereka pesan juga tidak diproduksi massal, sehingga dapat menonjolkan karakter masing-masing pengguna,” ujar Kito Valentino selaku Co-founder dan Director Trooper Custom. 

Hal ini menjadi keunikan dari bisnis Trooper Custom, di mana helm yang digunakan hanya didesain secara eksklusif untuk si pengguna. Telah bersertifikasi ISO (The International Organization for Standardization), helm oleh Trooper custom didesain dengan penuh perhatian untuk menghadirkan helm berkualitas bagi pengguna.

Proses yang panjang hasilkan helm berkualitas

Mengandalkan kerja tangan dan kreativitas pemuda terhadap kecintaan mereka akan aktivitas bermotor, helm dari Trooper dirancang melalui proses yang panjang. Semua produk helm, tim Trooper rancang dari awal pembuatan helm hingga sampai ke tangan konsumen. Trooper Custom menjunjung tinggi detail konsep yang dipesan oleh konsumennya dalam pembuatan helm.

Helm yang dibuat oleh Trooper, didesain menyesuaikan ukuran dan bentuk kepala sang pengguna. Menggunakan bahan dasar fiber composite, helm Trooper didesain dengan presisi tinggi dan pewarnaan yang penuh perhatian. Hingga akhirnya, helm dikeringkan dengan pengeringan oven dan dicek ulang kualitasnya oleh tim. Hal ini menjadikan helm Trooper spesial dan unik.

“Dengan keterbatasan teknologi, kami tetap dapat menghadirkan inovasi dan kreativitas yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas dan terbaik yang dapat diterima serta dinikmati oleh konsumen,” jelas Kito.

Selalu utamakan inovasi produk

Meskipun dilanda pandemi, hal ini tak menghentikan kreativitas tim Trooper untuk berkonsistensi menjalankan bisnis mereka. Waktu yang tak mudah ini telah menghadirkan inovasi Trooper Custom untuk menghadirkan produk sepeda. Melihat tren kesehatan masyarakat dengan bersepeda, Trooper Custom pun berinisiasi untuk membuat perlengkapan aksesoris sepeda. 

“Kita juga menghadirkan produk perlengkapan olahraga yang bisa digunakan di rumah oleh masyarakat, seperti yoga mat, tumbler dan perlengkapan lainnya,” ungkap Kito.

Merintis bisnis sejak awal untuk memperkenalkan produk craftsmanship dalam bentuk helm, Trooper Custom tak terhindar dari tantangan pasar. Menghadirkan helm kostum, tim Trooper terus mengedukasi masyarakat mengenai budaya kerajinan tangan dalam bentuk helm. Kurangnya kehadiran bisnis kerajinan tangan dalam bentuk helm, membuat Trooper harus cermat dalam menyesuaikan harga mereka dengan pasaran. Namun, tekad dan giat oleh tim Trooper dengan terus berinovasi telah membawa mereka pada kesuksesan.

Sudah berlisensi, Trooper Custom berharap untuk selalu dapat menghadirkan produk buatan tangan yang berkualitas dan dapat membanggakan tanah air. Trooper Custom percaya bahwa dengan media helm, inovasi mereka dapat menjadi ajang berkreasi bagi para anak muda Indonesia. Tim Trooper juga ingin terus mengedukasi masyarakat mengenai budaya craftsmanship.

 

Penulis: Meisie Cory

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading