5 Kebiasaan Harian yang Bisa Membantumu Lebih Tenang Jalani Hidup

Endah Wijayanti07 Okt 2021, 11:15 WIB
Diperbarui 07 Okt 2021, 11:15 WIB
perempuan dan beristirahat

Fimela.com, Jakarta Tidak setiap saat kita bisa tenang. Namanya emosi dan perasaan pastinya ada semacam pasang surutnya. Ada hari-hari yang membuat kita gampang marah dan sangat sensitif. Namun, bukan berarti semua hari kita akan dipenuhi ketidaknyamanan.

Ada sejumlah kebiasaan harian yang bisa membantumu jadi pribadi yang lebih tenang atau kalem. Kebiasaan-kebiasaan hariani ini pun cukup sederhana dan bisa langsung dicoba di rumah. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Kebiasaan Jalan Kaki

Melansir laman mindbodygreen.com, orang-orang yang tenang berjalan kaki setiap hari, baik itu sekadar jalan kaki untuk berbelanja atau sekadar pergi ke tempat rapat dengan jalan kaki. Gerakan meregangkan atau menggerakkan kaki bisa bantu menjernihkan pikiran. Saatnya untuk membiasakan diri berjalan kaki setiap harinya, ya.

2. Kebiasaan Merawat Diri

Tidur cukup, nutrisi bagus, dan aktivitas fisik perlu didapatkan untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan diri. Kebiasaan merawat diri seperti meditasi, membaca buku, makan makanan sehat, atau mengonsumsi vitamin yang cukup bisa sangat baik untuk membantu tubuhmu terasa lebih rileks. Serta bisa membantumu untuk bisa lebih tenang dalam menjalani rutinitas.

 

3. Kebiasaan Mengikuti Rutinitas yang Sama

perempuan dan soal serba bisa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/teerapat+tongraar

Maksudnya adalah kamu selalu punya jadwal, ritual, atau rutinitas yang sama dalam sebagian aspek hidupmu setiap harinya. Misalnya, kamu punya kebiasaan berolahraga pagi selama 30 menit setiap harinya. Memiliki rutinitas seperti ini membantumu untuk lebih menghemat energi saat membuat perencanaan kegiatan harian. Sehingga tidak membuatmu mudah merasa stres atau tertekan ketika akan memulai hari.

4. Kebiasaan Menikmati Masa Kini

Kamu senantiasa menghadirkan hati, jiwa, dan ragamu pada masa kini. Tidak terlalu tertekan dengan kejadian-kejadian di masa lalu. Juga tidak terlalu mencemaskan hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Ada hobi-hobi yang mendukungmu untuk menikmati masa kini, seperti berkebun, membaca buku, meditasi, hingga melakukan yoga rutin.

5. Kebiasaan Merasa Cukup

Kamu menyadari bahwa kamu hanya satu noktah kecil di semesta yang sangat luas ini. Meskipun begitu, kamu senantiasa menjalankan setiap peran dan pekerjaanmu dengan penuh tanggung jawab. Kamu pun senantiasa merasa cukup atas semua yang kamu miliki dan dapatkan. Serta, tidak membebani diri dengan hal-hal yang terjadi di luar kuasa diri.

Bagi Sahabat Fimela yang ingin mencoba untuk bisa lebih tenang menjalani hidup, bisa mulai mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan di atas. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela