Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Bad Mood dan Kembali Menstabilkan Kondisi Mentalmu

Fimela.com, Jakarta Sedang mengalami bad mood? Mendapati suasana hati yang tidak enak pastinya akan sangat memengaruhi keseharian kita dalam beraktivitas. Saat sedang bad mood, kadang kita jadi super sensitif atau bahkan tak ingin melakukan apa pun sama sekali.

Bad mood tentunya bukan perasaan yang menetap selamanya. Melansir laman psychologytoday.com, bad mood berbeda dengan dark mood. Dark mood berlangsung selama berminggu-minggu, dan ini bisa menjadi tanda depresi klinis yang perlu segera ditangani dengan bantuan pakar kesehatan mental atau konselor. Kalau saat ini kamu merasakan bad mood, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk bantu menstabilkan perasaan dan kondisi mentalmu.

1. Izinkan Dirimu Menerima Perasaan Ini

Tak perlu terus menerus menyalahkan diri sendiri atas perasaan bad mood yang hadir ini. Izinkan dirimu untuk menerima hadirnya perasaan ini. Bagaimana pun, bad mood adalah salah satu jenis emosi yang dialami dan dirasakan semua orang dalam hidupnya. Saat kamu merasa bad mood, tak apa untuk mengambil jeda istirahat lebih dahulu, lalu lakukan sesuatu yang kamu sukai semacam menonton film atau berendam air hangat untuk menenangkan diri.

2. Jangan Menularkan Bad Mood

Biasanya saat sedang bad mood, kita jadi terlalu egois dan membuat orang lain ikut merasa bad mood. Sebisa mungkin hindari menularkan bad mood kepada orang lain. Menularkan bad mood atau melampiaskan kekesalan pada orang lain hanya akan membuat perasaanmu sendiri makin tidak nyaman.

 

 

3. Coba Cari Tahu Pemicu Awal Bad Mood yang Dirasakan

Tarik napas dalam lalu embuskan perlahan. Coba telusuri dan cari tahu pemicu awal bad mood yang kamu rasakan. Cari tahu apa penyebab awal yang membuatmu merasa tidak nyaman. Setidaknya dengan tahu pemicu awalnya atau penyebabnya ini, kamu bisa lebih mudah memposisikan diri dan menyesuaikan diri dengan situasi yang ada.

4. Hubungi Seseorang yang Bisa Membantumu

Punya sahabat yang bisa dipercaya untuk mendengar curhatanmu? Coba hubungi dia. Kadang menghubungi seseorang yang bisa menyediakan waktu untukmu bisa membuat suasana hatimu lebih baik. Memiliki seseorang yang bisa diajak bicara biasanya cukup ampuh untuk bantu melunakkan perasaanmu.

5. Biarkan Perasaan Tak Nyaman Ini Mengalir

Kalau memang sedang ingin menyepi atau menyendiri, lakukan saja. Jika memang sedang butuh waktu tanpa diganggu oleh siapa pun agar bisa lebih tenang, lakukan saja tak apa. Sama seperti jenis perasaan lain, bad mood yang dirasakan tidak permanen. Mungkin ini justru sinyal dirimu sedang butuh waktu untuk rehat.

Semoga tips-tips sederhana di atas bisa bantu meredakan bad mood dan membantu menstabilkan kondisi mentalmu. Apabila perasaan tak nyaman atau bad mood yang kamu rasakan tak kunjung menghilang dalam kurun waktu yang lama, cobalah untuk mencari bantuan profesional, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading