Sukses

Lifestyle

5 Tipe Perempuan yang Suka Menyendiri tapi Sebenarnya Berhati Hangat

Fimela.com, Jakarta Orang-orang di sekitarmu menganggapmu penyendiri. Kamu dianggap pendiam dan tidak suka berinteraksi dengan banyak orang. Bahkan tidak sedikit yang merasa sungkan untuk mendekatimu karena kamu dianggap terlalu menjaga jarak dengan orang lain.

Well, di lubuk hatimu yang paling dalam kamu tak pernah dengan sengaja menghindar dari orang lain. Kamu menjalani hidupmu dengan cara yang paling nyaman untukmu. Memang sesekali kamu butuh waktu untuk menyepi dan menyendiri, tapi bukan berarti kamu orang yang dingin. Meski banyak yang menganggapmu sebagai penyendiri, bisa jadi sebenarnya kamu punya hati yang sangat hangat.

1. Perempuan yang Menyendiri untuk Mengisi Energinya Kembali

Kamu bisa jadi adalah seorang introver. Melansir buku The Introvert Advantage karya Marti Olsen Laney, Psy.D., kaum introver memerlukan waktu untuk berpikir sebelum merespons sesuatu. Memerlukan waktu untuk merenung sebelum bereaksi terhadap kejadian di dunia luar. Orang introver selalu butuh waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energinya. Bukan membenci dunia luar atau interaksi dengan orang lain, hanya saja kamu selalu butuh waktu untuk dirimu sendiri demi bisa mendapatkan kenyamanan dalam keseharianmu.

2.  Perempuan yang Menemukan Ketenangan saat Menyendiri

Ada kalanya kamu butuh waktu untuk menyendiri untuk mendapatkan ketenangan. Mengutip buku Meditations, tak ada tempat yang lebih tenang dan rileks daripada saat seorang manusia beristirahat dengan masuk ke dalam jiwanya sendiri, terutama ketika di dalam dirinya memiliki pikiran-pikiran seperti itu, sehingga melihat ke dalamnya akan membuatnya segera dan sepenuhnya merasa tenang. Bepergian sendiri atau sekadar meluangkan waktu di rumah melakukan hobi seorang diri bisa menjadi cara untuk menemukan ketenangan. Saat hati sudah tenang, kamu akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain dengan nyaman.

3. Perempuan yang Menyendiri agar Bisa Lebih Fokus

Kamu tak nyaman dengan konsep multitasking. Bahkan saat bekerja misalnya, kamu lebih memilih untuk mengondisikan diri sebaik mungkin untuk menuntaskan satu pekerjaan dalam satu waktu. Mengutip buku Company of One, Gloria Mark, profesor di Departemen Informatika di Universitas California menemukan bahwa bahwa untuk setiap gangguan, butuh waktu sekitar 23 menit dan 15 detik untuk kembali berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Jadi, bisa dibayangkan kan kalau dalam mengerjakan sesuatu kita terus mendapat gangguan atau disela untuk banyak hal lainnya, maka yang terjadi kita akan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas utama.

Orang-orang di sekitarmu menganggapmu penyendiri karena kamu lebih sering memilih bekerja dengan konsentrasi penuh tanpa distraksi. Padahal itu kamu lakukan karena kamu ingin lebih fokus dan produktif dalam bekerja, bukan karena sok sibuk.

4. Perempuan yang Menghargai Privasi Orang Lain

Kamu sangat menjunjung tinggi pilihan dan cara orang lain menjalani hidupnya. Ada yang memilih untuk bertemu orang banyak dan berada di keramaian untuk bisa bahagia. Ada yang lebih suka menyepi dan mencari ketenangan dengan menyendiri seperti dirimu untuk bisa menemukan kenyamanan. Kamu menghargai privasi tiap orang dan preferensi masing-masing individu dalam menghabiskan waktunya.

5. Perempuan yang Memiliki Empati Tinggi

Bukan orang yang cuek dan masa bodoh, kamu tetap memperhatikan orang-orang di sekitarmu. Kamu memiliki empati dan perhatian untuk orang-orang yang di dekatmu. Meski mungkin interaksimu dengan orang lain tak selalu dilihat oleh banyak orang, tetapi kamu tetap melakukan hal-hal baik untuk orang-orang tercintamu.

Orang lain mungkin hanya bisa melihatmu dari luar, tapi yang paling paham siapa dirimu adalah dirimu sendiri. Semoga dari kehangatan hati yang kamu miliki, kamu bisa menghadirkan makna indah untuk hidupmu, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading