5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Masih Meniti Karier tapi Sudah Didesak Menikah

Endah Wijayanti09 Okt 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 09 Okt 2021, 10:00 WIB
seribu cinta dan perceraian

Fimela.com, Jakarta "Kamu kebanyakan kerja, sih sampai melewatkan kesempatan untuk menikah." "Kamu tiap hari kerja terus, akhirnya nggak punya waktu untuk mencari jodoh." Pernah mendapat pernyataan-pernyataan seperti itu? 

Ada di antara kita yang sebenarnya sedang meniti karier bahkan sedang berjuang keras untuk mewujudkan sebuah impian, tetapi orang-orang di sekitar kita terus mendesak untuk buru-buru menikah. Mungkin ada yang menyindir hingga menyudutkan kita langsung untuk lekas menikah karena usia yang dianggap sudah matang. Padahal saat ini ada hal penting yang sedang kita perjuangkan. Lalu, harus bagaimana menanggapi situasi yang seperti ini?

1. Fokus pada Pilihan Terbaik yang Diambil

Kita masih ingin fokus meniti karier dan menggapai sebuah impian besar? Lakukan dan jalani saja. Masih ingin mengeksplorasi banyak hal dan terus menggali potensi diri? Yuk, tetap melangkah. Bagaimana pun ini hidup kita sendiri, sehingga kita punya hak dalam membuat pilihan terbaik dalam hidup kita. Yang terpenting adalah kita senantiasa bertanggung jawab atas pilihan hidup yang kita ambil.

2. Memberi Pemahaman Secukupnya

Misal, orangtuamu sudah tak sabar ingin mendapatkan menantu darimu. Sementara itu, kamu sendiri belum menemukan orang yang tepat dan sebagian besar waktu serta energimu saat ini sedang dibutuhkan untuk meniti karier impian. Tak ada salahnya untuk memberi pemahaman secukupnya kepada orangtuamu. Dengan memberi sedikit pemahaman, setidaknya kamu bisa membuka komunikasi yang lebih baik lagi dengan mereka.

 

3. Senyumin Aja Semuanya

seribu cinta dan cinta tak berbalas
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/blanscape

Memang kadang tak mudah untuk memberi pemahaman atau membuat semua orang mengerti dengan pilihan hidupmu. Saat kamu sudah merasa kehabisan energi atau tak punya energi lagi untuk memberi penjelasan, senyumin aja! Setidaknya dengan cara ini, hatimu bisa tetap terasa ringan dan tidak terlalu keras membebani diri sendiri. 

4. Tingkatkan Kemandirianmu

Yakin saja bahwa jodoh akan datang pada waktu yang paling tepat. Kalau saat ini kamu belum menemukan jodohmu, ya sudah tetap jalani hidupmu sebaik-baiknya. Tingkatkan kemandirianmu. Jadilah perempuan yang kokoh dan kuat berdiri di atas kaki sendiri. Saat kamu sudah benar-benar siap dan kuat, jodoh yang terbaik pasti akan datang dengan cara yang tak pernah disangka.

5. Lakukan Hal-Hal yang Membuat Hidupmu Bermakna

Tetap lakukan hal-hal positif untuk hidupmu. Tetaplah jadi pribadi yang bermanfaat untuk orang-orang di sekitarmu. Tetap asah dan tingkatkan potensi dan kemampuanmu untuk menjadikan hidupmu lebih bermakna. Meski kadang rasa galau dan sedih menghampiri, tetaplah melangkah ke depan dengan optimisme bahwa hidupmu saat ini adalah yang terbaik untukmu.

Semoga apa pun yang sedang kamu perjuangkan saat ini bisa segera menghadirkan buah yang manis, ya. Semoga bahumu juga senantiasa kuat dalam menghadapi berbagai tekanan atau desakan yang ada. 

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela