Memahami 5 Tanda dan Efek dari Trauma Masa Kecil

Gayuh Tri Pinjungwati12 Okt 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 12 Okt 2021, 09:45 WIB
perempuan kesepian bersedih

Fimela.com, Jakarta Childhood trauma adalah trauma dialami seseorang di masa kecil seseorang. Mereka yang mengalami trauma ini sering memiliki emosi yang tidak menentu. Sebagian dari mereka yang memiliki trauma di masa kecil akan sulit menghadapi masalah dan tantangan ketika mereka beranjak dewasa.

Lalu seperti apa sih, tanda-tanda seseorang mengalami trauma di masa kecil? Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sulit Mempercayai Orang Lain

Ketika menghadapi masalah besar atau trauma sejak masa kanak-kanak, mereka perlahan-lahan mengembangkan masalah kepercayaan. Hal ini akan terus berlanjut hingga mereka beranjak dewasa yang bisa memengaruhi fondasi dari sebuah pertemanan dan hubungan romantis.

2. Bereaksi Secara Berlebihan

Jika kamu mendapati diri atau orang lain berusaha berekasi dengan berlebihan, mungkin saja mereka memiliki trauma. Mereka melakukan itu karena ingin melindungi dirinya agar tidak merasa terluka lagi.

3. Ketidakmampuan untuk Mempertahankan Hubungan

perempuan sedih
Photo by Antony Xia from Unsplash

Apakah setiap hubunganmu berakhir dengan tiba-tiba? Jika kamu pernah menghadapi trauma masa kecil, maka kamu mungkin tidak memiliki ikatan yang kuat dengan orangtuamu. Jadi, kurangnya ikatan yang tepat membuat sulit bagimu untuk mempertahankan hubungan yang sukses dengan pasangan karena kurangnya kepercayaan, miskomunikasi dan ketakutan.

4. Rasa Kesepian

Merasa kesepian dan terisolasi dari dunia luar adalah tanda bahwa kamu belum siap menghadapi setiap tantangan. Tidak mampu mempertahankan hubungan bisa menjadi sangat kesepian dan ini lebih lanjut dapat membawamu ke dalam isolasi.

5. Kurang Konsentrasi

Jika kamu menghadapi kurang konsentrasi, itu mungkin karena kamu memiliki sejumlah pemikiran berbeda yang berputar-putar di kepala terkait dengan insiden traumatis yang mungkin kamu hadapi sebelumnya dalam hidupmu.

Trauma masa kecil bisa dikembangkan hingga mereka bernjak dewasa. Jika trauma ini mengganggumu, ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter untuk konsultasi.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela