Sukses

Lifestyle

5 Self-Care yang Bisa Dilakukan untuk Menenangkan Diri yang Sedang Cemas

Fimela.com, Jakarta Merasa cemas itu wajar dan merupakan perasaan yang sangat manusiawi. Entah itu ketika kamu sedang mempersiapkan diri menghadapi presentasi keesokan hari, saat bertemu dengan mantan pacar yang tidak diharapkan, atau cemas menghadapi hari-hari jelang pernikahan, wajar jika perasaan tersebut diam-diam muncul.

Biarpun demikian, mengontrol rasa cemas yang dirasakan tetap penting lho. Jangan sampai hal ini malah mengganggu konsentrasi saat menjalankan aktivitas sehari-hari yang nggak kalah penting.

Saat hati mulai diliputi kecemasan akan hal-hal yang sedang atau akan dilalui, beberapa self-care ini bisa membantu menenangkan diri.

Mendengarkan Musik Favorit

The power of song memang nggak boleh diremehkan. Hanya dengan mendengarkan lagu tertentu saja kamu bisa mengingat kenangan lama dari bertahun-tahun yang lalu, mengubah mood dari yang lesu jadi bersemangat, bahkan nggak menutup kemungkinan bisa menenangkan hati yang cemas.

Saat pikiran mulai dipenuhi berbagai hal yang bikin kamu merasa cemas, waktunya untuk menjauh dari keramaian dan segera putar musik favoritmu. Cara ini bisa menjadi distraksi yang membuatmu nggak terlalu fokus memikirkan hal yang membuatmu cemas. Selain itu, bisa juga dengan memilih lagu yang memiliki irama menenangkan. Misalnya saja lagu instrumental bertempo lambat yang bisa membantu membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Ekspresikan Lewat Tulisan

Ada yang bilang kalau perasaan cemas atau kegelisahan apapun akan lebih ringan jika diungkapkan. Ibaratnya adalah kamu mengeluarkan beban yang selama ini tertahan di dalam hati. Kalau nggak bisa bercerita dengan orang lain, coba saja ungkapkan dengan bantuan tulisan.

Yup, dengan menulis sebuah jurnal atau catatan kecil tentang bagaimana kegiatanmu selama hari itu dan menceritakan apa yang dirasakan bisa jadi membantu untung mengungkapkan rasa cemas yang terjadi. Kegiatan ini juga bisa menjadi self-therapy yang baik, lho.

Olahraga Ringan

Self-care lain yang bisa dicoba saat sedang merasa cemas adalah dengan menggerakkan tubuh alias berolahraga. Kegiatan fisik ini bisa membantu membuat tubuh lebih relaks, karena olahraga mendorong produksi hormon endorfin. Inilah hormon yang membantu untuk meredakan stres dan menimbulkan perasaan positif dalam diri.

Untuk mengurangi rasa cemas, ada beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan. Misalnya saja bersepeda atau jalan kaki di sekitar rumah yang yang bisa memberikan suasana baru. Selain itu, bisa juga melakukan olahraga menyenangkan lainnya seperti cover dance girl band K-Pop favoritmu. Hati jadi makin happy, perasaan cemas pun perlahan bisa teratasi.

Minum Teh yang Dapat Memberikan Efek Relaksasi

Tahukah kamu, beberapa jenis teh ternyata dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan hati yang gelisah. Salah satu jenis yang paling banyak dikonsumsi adalah chamomile tea yang ternyata memiliki kandungan untuk membuat tubuh dan pikiran lebih relaks.

Selain itu, green tea dan matcha juga bisa menjadi minuman yang tepat dikonsumsi saat merasa cemas. Jenis teh yang ini memiliki kandungan L-theanine, asam amino unik yang dapat menunjang tubuh dan pikiran agar lebih rileks. Konsumsi teh yang memiliki ramuan untuk membuat relaks ini saat malam hari sebelum tidur agar istirahat bisa terasa lebih nyaman dan nyenyak di malam hari.

Curhat dengan Orang Lain

Daripada menyimpan masalah sendiri, nggak ada salahnya kok menceritakan kecemasanmu kepada orang lain. Sahabat terdekat atau pasangan bisa menjadi pilihan untuk mengungkapkan segala pikiran yang berkecamuk dalam hati.

Namun, pastikan tempat bercerita yang kamu pilih adalah orang yang bisa dipercaya dan dapat memberikan saran yang dibutuhkan. Salah memilih tempat curhat, bukannya jadi lebih lega, tapi bisa jadi malah semakin stres karena komentar toxic yang diberikan.

Merasa cemas memang wajar, tapi demi mental health yang selalu terjaga saatnya melakukan beberapa tips di atas untuk menenangkan diri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading