Sukses

Lifestyle

5 Cara Menenangkan Diri dan Meredakan Hati yang Gelisah

Fimela.com, Jakarta Hati yang gelisah membuat kita bingung harus melakukan apa. Ada rasa tak nyaman yang terus membayangi diri. Lama kelamaan seakan menggiring kita ke perasaan seakan kita sudah tak punya arti lagi di dunia ini, sudah tak punya harapan untuk melanjutkan hidup lagi.

Untuk kembali menenangkan diri dan meredakan hati yang gelisah, masing-masing orang punya caranya sendiri. Hanya saja tak sedikit yang merasa bingung dan tak tahu harus melakukan apa untuk bisa meredakan hati yang gelisah. Bagi yang saat ini sedang galau, gundah, atau cemas, cara-cara ini mungkin bisa kamu coba dan pas untukmu.

1. Ciptakan Suasana untuk Menyendiri

Temukan waktu hening. Ciptakan suasana untuk menyendiri sejenak. Bisa dilakukan pada malam hari, dini hari, atau pagi hari. Luangkan waktu selama beberapa saat untuk menikmati kesunyian. Izinkan dirimu untuk mendengar detak jantungmu. Atur kembali napasmu. Kadang kita merasa gelisah karena terlalu banyak memikirkan berbagai hal. Luangkan waktu untuk sendiri selama beberapa waktu. Izinkan dirimu untuk kembali memeluk hati dan jiwamu.

2. Rapikan atau Bersihkan Sesuatu

Kalau kamu saat ini justru merasa makin gelisah jika tak melakukan apa-apa, coba untuk lakukan kegiatan merapikan atau membereskan sesuatu. Aktivitas bersih-bersih atau beres-beres bisa bantu redakan stres. Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. 

3. Melakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Menjadi sukarelawan atau melakukan sesuatu untuk orang lain bisa bantu redakan kegelisahan hatimu. Menurut laporan Harvard Health Blog, orang yang memberikan waktunya untuk orang lain akan mendapat kesehatan fisik yang lebih sehat. Termasuk tekanan darah rendah dan peluang usia yang lebih panjang. Menjadi sukarelawan atau terlibat dalam aktivitas sukarela bisa memberi dampak positif luar biasa untuk kondisi kesehatan kita. Daripada terus terpuruk dalam kegelisahan, tak ada salahnya untuk keluar sejenak dan melakukan sesuatu untuk orang lain.

4. Gerakkan Tubuh 

Bagi yang merasa makin gelisah kalau hanya diam saja, ini saat yang tepat untuk mulai menggerakkan tubuh kembali. Saat hati gelisah dan tak tahu harus melakukan apa, kadang kita butuh semacam "pelampiasan". Pelampiasannya bisa dengan menggerakkan tubuh lebih aktif untuk mengendorkan otot-otot yang kaku. Coba pilih jenis olahraga yang menurutmu paling gampang untuk dilakukan agar bisa membuatmu merasa lebih nyaman.

5. Cari Bantuan Profesional

Kalau perasaan gelisah dan tak nyaman berlangsung cukup lama, tak ada salahnya untuk mencoba mencari bantuan profesional. Bisa ke konselor, psikolog, atau psikiater. Apalagi kalau gejala-gejala yang dirasakan sudah mengarah ke depresi, ada baiknya untuk mencari penanganan yang lebih tepat untukmu.

Semoga info-info di atas bermanfaat untukmu, ya. Apa pun permasalahan yang sedang kamu hadapi saat ini, semoga segera ada solusi dan jalan keluar terbaiknya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading