Sukses

Lifestyle

Ketahui Manfaat Sehat Bagi Mental dan Fisik dengan Belanja di Supermarket

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang stres, salah satu upaya untuk mengusir perasaan tersebut bisa dengan berbelanja. Terlebih lagi, di era sekarang belanja sangatlah mudah. Cukup dengan membuka aplikasi belanja, scroll dan searching produk yang ingin dibeli. Namun, belanja kebutuhan ke supermarket juga tak kalah menyenangkan.

Walau sayur hingga buah saat ini tersedia di situs e-commerce, tetapi supermarket dan pasar tradisional tetap tak kekurangan pembeli. Selain harganya lebih murah, ternyata belanja barang kebutuhan sehari-hari di supermarket ataupun pasar memiliki manfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Bahkan bagi ibu rumah tangga, belanja ke supermarket atau pasar terdapat sensasi yang berbeda saat mereka melihat langsung berbagai produk yang ingin dibeli ataupun hanya memerhatikan produk yang lainnya. Berikut manfaat sehat bagi mental dan fisik dengan belanja ke supermarket yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Kamis (14/10/2021).

Tubuh Jadi Aktif Bergerak

Manfaat pertama saat seseorang memilih untuk belanja secara langsung adalah membuat tubuh jadi aktif bergerak. Tentu, aktivitas fisik seperti berjalan mencari barang yang ingin dibeli sangat bagus untuk kesehatan. Khususnya bagi kamu yang ingin mengendalikan berat badan. Pasalnya, aktivitas ini mampu membakar kalori cukup banyak. Tanpa disadari, kamu setidaknya bisa menempuh 500-1000 langkah.

Selain itu, jika seseorang aktif bergerak dapat meningkatkan kesehatan otak, menurunkan risiko penyakit, memperkuat tulang dan otot serta meningkatkan kemampuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Aktivitas berjalan pun dikatakan mampu mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit jantung atau beberapa jenis kanker ganas.

Jadi Sarana Melepas Penat dan Stres

Jangan salah, aktivitas fisik dengan berjalan di supermarket atau pasar juga berkaitan dengan kesehatan mental. Merasakan suasana baru dan melihat barang-barang yang disukai dapat melepas penat dan stres. Hal ini memiliki efek seperti retail therapy alias cuci mata di mal sehingga daya ingat dapat meningkat, suasana hati menjadi bagus serta memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Psikolog, Ikhsan Bella Persada mengungkapkan, “Manfaat itu muncul karena kita pergi ke tempat yang memang kita suka dan dengan suasana yang berbeda dari suasana rutinitas kita. Itu bisa membantu memberikan rasa senang sehingga memperbaiki mood kita,” ujarnya.

Namun, Ikhsan mengingatkan untuk tidak impulsif ketika berbelanja. Ketika seseorang memiliki kecenderungan ini, sebaiknya hindari tempat-tempat berbelanja demi menghindari pikiran stres.

Sebelum belanja ke supermarket atau pasar, lebih baik membuat perencanaan bahan makanan atau barang yang ingin dibeli dengan buat daftar belanjaan. Hal ini dilakukan agar kegiatan belanja lebih terkendali. Jangan lupa, usahakan sebagian besar produk yang dibeli merupakan makanan sehat.

Sahabat Fimela, pandemi Covid-19 belum berakhir. Maka, jika ingin berbelanja di supermarket atau pasar selalu ingat untuk mematuhi protokol kesehatan, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading