5 Penyebab AC Tidak Dingin Kamu dapat Membersihkannya Sendiri lho!

Vania Al kautsar15 Okt 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 09:35 WIB
AC

Fimela.com, Jakarta Bagaimana jika Air Conditioner (AC) di rumahmu tidak dingin, padahal kamu sudah merawatnya dengan baik. Ada baiknya sebelum kamu memanggil petugas untuk mencari tahu apa saja penyebab AC tidak dingin.

Kehadiran AC sangat penting bagi tempat yang memiliki suhu panas tinggi, selain itu AC juga dapat memberikan udara sejuk dengan suhu yang dapat kita atur sendiri. AC tentunya dijual sesuai dengan ragam ukuran, keunggulan, kapasitas, dan harga yang berbeda.

Masalah yang sering dialami bagi pengguna AC yaitu AC yang tidak dingin. Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi beberapa orang karena membuat mereka kepanasan dan berujung terhadap aktivitas dan produktivitas di rumah. Yuk, cari tahu apa saja penyebab AC tidak dingin:

1. Filter AC yang tidak rutin dibersihkan

AC
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/BaLL LunLa

Salah satu hal yang membuat AC tidak dingin adalah filter AC yang jarang dibersihkan, padahal salah satu unsur yang mendukung kinerja AC untuk membuatnya terasa dingin adalah Filter AC.

Filter AC sangat berguna untuk menyaring kotoran dalam udara yang membuat kotoran tersebut akan menyumbat dalam saringan filter sehingga udara dingin yang tidak dapat menembus keluar. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan dan mencuci filter AC sebulan sekali agar filter bersih dari kotoran.

2. Kondensor AC yang kotor

Jika kamu perlu membersihkan filter AC maka kamu juga perlu memperhatikan kondensor AC. Sama halnya seperti filter, jika kondensor AC yang kotor akan menyebabkan AC tidak dingin.

Kamu dapat membersihkan kondensor secara rutin untuk mencegah penyebab AC yang tidak dingin, gunakanlah sabun dan air untuk menghilangkan kotoran, kamu juga dapat menggunakan selang air yang pelan untuk membersihkan sehingga kondensor tidak rusak.

3. Refigerant (Freon) yang habis atau bocor

AC
Ilustrasi AC/https://www.shutterstock.com/Andrey_Popov

Refigerant merupakan gas yang membantu proses pendinginan ruangan, merek yang paling terkenal untuk refigerant adalah Freon. Dampak dari penyebab AC yang tidak dingin adalah Freon AC yang bocor dapat terhirup dan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu kamu perlu menghubungi teknisi AC untuk memperbaikinya.

4. Pintu Jendela yang Terbuka

Siapa disini pengguna AC namun pintu jendela masih tetap terbuka? Jika kamu belum menutup rapat ruangan akan membuat AC tidak dingin. Hal ini dikarenakan pintu atau jendela yang terbuka akan berpengaruh terhadap suhu ruangan yang membuatnya tidak terasa dingin. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu menutup pintu atau jendela ruangan saat AC dinyalakan.

5. Ukuran AC yang tidak Sesuai

Penyebab AC tidak dingin selanjutnya adalah ukuran yang tidak sesuai, AC yang terllau kecil jelas akan memberikan udara yang sedikit bagi ruangan yang besar. Sebaiknya kamu mengganti ukuran AC yang lebih besar untuk ruangan yang besar, cara lain jika kamu ingin menggunakan AC yang kecil gunakanlah AC dalam jumlah lebih dari satu.

Semoga beberapa penjelasan penyebab AC tidak dingin serta tipsnya dapat membantu kamu ya. Selain itu rajinlah untuk memeriksa kondisi AC serta membersihkan AC, kamu juga dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi. Namun jika kamu mengalami hal yang serius dapat menghubungi teknisi untuk masalah AC yang tidak dingin.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela