Rekomendasi Novel Bahasa Jawa yang Wajib Jadi List Baca Kamu

Vania Al kautsar14 Okt 2021, 18:04 WIB
Diperbarui 15 Okt 2021, 10:13 WIB
Buku

Fimela.com, Jakarta Mungkin novel dengan Bahasa Indonesia salah satu hal yang sudah biasa kita baca, namun bagaimana dengan novel bahasa jawa. Karya sastra yang memiliki nilai penting serta dapat kita tetapkan dalam kehidupan sehari-sehari adalah novel dengan berbahasa jawa.

Namun novel berbahasa jawa ini tentu sulit untuk dipahami bagi kamu yang tinggal diluar pulau jawa. Memahami serta menganalisis novel ini juga diperlukan untuk kepentingan tugas maupun sebagai hiburan semata.

Untuk kamu yang ingin mencari referensi tentang novel bahasa jawa, berikut beberapa novel bahasa jawa yang wajib kamu baca :

1. Para Priyayi

Salah satu karya dari Umar Kayam ini menceritakan sebuah kota kecil yang gersang dan panas, Kota itu bernama Wonogalih. Di tengah Wonogalih terdapat sebuah jalan yang biasa dikenal sebagai jalan setenan. Seodarsono merupakan guru desa setempat, ia berasal dari keluarga petani di Kedungsimo. Tak lama ia menjadi guru bantu kemudian ia diangkat menjadi guru desa, dari sinilah sebenarnya Soedarsono mulai memasuki kalangan priyayi.

Hal yang menarik dari novel ini adalah menggunakan sudut pandang orang pertama “saya” sebagai pencerita, selain itu novel ini juga memberikan sebuah pesan agar kita selalu berbuat baik dimanapun dan kapanpun.

2. Sang Pangeran Pati

Novel ini menceritakan lika-liku dunia jurnalistik yang bebas dan tanpa penulis menceritakan suatu masalah atau kejadian para pembaca langsung mengerti isi dari berita tersebut. Selain itu novel ini juga menggambarkan kisah bahwa orang yang mmeiliki kekuasaan dan jabatan tinggi tanpa memikirkan perasaan orang lain serta bawahannya.

Novel ini tentunya menyuguhkan bagaimana kisah nyata dalam dunia jurnalistik, yang memiliki konflik untuk mengembangkan suatu berita. Tentunya konflik yang rumit dalam novel ini diceritakan secara jelas oleh Fitri Gunawan.

3. Roro Mendhut

Untuk cerita yang satu ini mungkin tidak asing ditelinga kita, karya milik Y.B Mangun wijaya Roro Mendhut. Roro Mendhut salah satu kisah yang menceritakan tentang kisah cinta klasik jawa. Roro Mendhut merupakan seorang perempuan yang diincar oleh seorang pria karena menginginkan kekuasaan dan kekayaannya, namun Roro Mendhut lebih memilih melarikan diri bersama pria yang dicintainya.

Itulah ketiga novel bahasa jawa yang wajib jadi list kamu, selain itu juga dapat melatih membaca bahasa jawa dan mengerti dengan budaya jawa.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela