Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Bersyukur yang Bikin Hidup Bahagia

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang membuat hidup kita jadi kurang bahagia ialah kurangnya rasa bersyukur. Padahal ada banyak hal yang bisa kita syukur dalam hidup kita, seperti keluarga yang baik, makanan yang kita makan sehari-hari, tempat tinggal yang nyaman dan sebagainya.

Nah, berikut ini beberapa manfaat bersyukur yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Rasa syukur terbukti membantu berkontribusi kesehatan mental maupun fisik. Salah satunya ialah mengurangi stres, sehingga kekebalan tubuh akan meningkat yang akan membantu melawan penyakit. Bahkan salah satu studi tahun 2017 menunjukkan bahwa beryukur dapat mengurangi risiko gagal jantung.

2. Memberikan perasaan tenang

Bersyukur adalah salah satu kegiatan positif yang akan membawa kebahagian dan ketenangan dalam hati. Saat kita bersyukur makan tubuh juga akan dialiri perasaan positif. Sehingga pikiran kita akan jauh lebih jernih, membuat kita jadi lebih menghargai hidup serta mengurangi beban pikiran.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Menurut sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Psikologi Terapan: Kesehatan dan Kesejahteraan. Kalau kita meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk menuliskan rasa syukur sebelum tidur,makan kamu dapat tidur lebih nyenyak dan lebih lama.

4. Meningkatkan hubungan sosial

Manfaat bersyukur yang lain ialah meningkatkan hubungan sosial. Sebuah studi yang dipublikasikan Emotion mengatakan bahwa bersyukur dengan sikap yang baik serta menunjukkan apresiasi dapat membantumu mendapatkan teman baru, termasuk meningkatkan interaksi sosial dengan orang lain.

5. Meningkatkan empati

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu tingkatkan empati dan penurunan agresi. Studi dari Universitas Kentucky pada tahun 2012 mengatakan bahwa orang dengan rasa bersyukur biasanya akan memiliki perilaku sosial yang baik. Bahkan, ketika mendapatkan timbal balik perilaku tidak baik dari orang lain.

Itulah sekian manfaat bersyukur yang perlu diketahui untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Rasa bersyukur bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dari hati, ucapan atau perbuatan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading