10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Hati-Hati saat Menaruh Barang

Vania Al kautsar21 Okt 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 21 Okt 2021, 09:15 WIB
Refrigerator

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih kulkas dirumah tidak dingin lagi? Gimana rasanya? Minuman yang harusnya dingin jadi tidak dingin lagi, kulkas salah satu barang yang wajib ada di setiap hunian.

Kegunaan kulkas untuk mendinginkan, membekukan, dan mengawetkan makanan, selain fungsinya yang sangat membantu dan mempermudah bagi kita. Kita juga perlu untuk menjaga keawetan agar kulkas tidak cepat rusak.

Tapi gimana kalau kulkas dirumah kita rusak atau tidak dingin lagi? Hal ini tentunya akan menjadi penghambat bagi kita yang membutuhkan kulkas, nah tapi kamu jangan khawatir karena kita akan mencari tahu apa saja penyebab kulkas tidak dingin:

1. Sering Membuka Tutup Pintu Kulkas

Ilustrasi isi kulkas
Ilustrasi isi kulkas/Shutterstock.

Hal sepele satu ini ternyata juga dapat membuat kulkas kamu cepat rusak, saat kamu membuka pintu kulkas maka udara dingin di dalam akan tercampur dengan suhu ruangan. Sedangkan setiap pintu yang akan ditutup membuat mesin akan menyesuaikan suhu ruangan kembali dingin bila kamus erring melakukan ini tentunya akan membuat mesin kulkas terus bekerja keras dan cepat rusak.

Nah untuk mengatasinya kamu hanya perlu membuka kulkas ketika memang membutuhkan barang yang ada didalam kuklas serta kamu mengambil beberapa barang secara sekaligus.

2. Bunga Es menutupi Lubang Angin di Kulkas

Pada bagian dalam kulkas ternyata terdapat bunga es yang dapat mendinginkan udara selain itu jika kulkas mulai tidak dingin, penyebab paling dasar kerap terjadi adalah bunga es tidak terlalu tebal dan menutupi bagian lubang angina pada kulkas.

Hal ini dapat kamu atasi dengan memeriksa bunga es yang dapat menurupi bagian lubang angina, selain itu kamu juga dapat membersihkan bunga es yang sudah menumpuk.

3. Menyimpan Makanan Panas

Nah selanjutnya jika kita terlalu sering menyimpan makanan bersuhu panas juga dapat menyebabkan kulkas tidak dingin, hal ini tentunya akan membuat suhu dalam kulkas naik alias dapat memanas.

Kemudian kamu dapat melakukannya dengan cara sebelum menyimpan makanan panas, sebaiknya untuk mendinginkan makanan di suhu ruangan (di luar kulkas) makanan yang mmeiliki suhu netral tentunya tidak akan mengubah atau merusak suhu dingin pada kulkas.

4. Karet Pintu Kulkas Kering

Refrigerator
Ilustrasi Refrigerator/https://www.shutterstock.com/Sashkin

Setiap kulkas memiliki lapisan karet elastis pada bagian pintu, nah karet ini berfungsi membuat ruangan pendingin dan freezer kedap dari udara luar. Jika kulkas kamu tidak dingin bisa jdi lapisan karet ini sudah longgar maupun kering. Hal ini yang dapat membuat udara ruangan masuk dan kulkas akan lebih panas.

5. Pengaturan pada Suhu untuk tetap Maksimal

Biasanya jika kamu membeli kulkas baru jangan lupa untuk sellau memeriksa terlebih dahulu bagian pada pengatur suhunya, seringkali jika kita membeli kulkas baru tidak dingin hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai karakteristik kulkas. Setelah melakukan pengecekan suhu dingin akan beroperasi lebih rendah dan membuat dinginya tidak maksimal.

6. Jauhkan Kulkas dari Peralatan yang Bersifat Panas

Tak hanya makanan panas yang dapat menghambat suhu dingin pada kulkas, ternyata peralatan yang bersifat panas dapat menghambat kulkas dingin atau membuat kulkas cepat rusak. Jika kulkas kamu diletakkan dengan kompor tentunya akan membuat kulkas tidak dingin, peralatan yang panas tentunya akan mempengaruhi duhu kulkas. Sebaiknya jikakamu menjauhkan peralatan yang bersifat panas dari kulkas.

7. Pintu Lemari kurang Rapat

menyimpan di kulkas
Menyimpan makanan di kulkas./Copyright shutterstock.com

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin adalah pintu kulkas yang kurang rapat ketika ditutup, nah sebaiknya kamu meletakkan barang didalam kulkas secara rapi agar lebih mudah untuk menutup lemari kulkas, namun jika karusakan kulkas tak terjadi karena pintu karet yang tidak rapat maka kamu harus melakukannya dengan menggantu karet yang lebih kencang.

8. Stop Kontak

Peralatan elektronik umumnya menggunakan stop kontak sebagai salah satu sumber energinya, namun biasanya beberapa orang tidak sadar dengan stop kontak yang ternyata tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentunya akan berfungsi tidak baik pada kulkas, untuk mengetahuinya kamu dapat mencoba untuk menyambungkan peralatan elekronik ke sumber listrik tersebut.

9. Sistem Defrost otomatis Rusak

Refrigerator
Ilustrasi Refrigerator/https://www.shutterstock.com/Andrey_Popov

Dalam lemari es juga terdapat system pencairan yang dapat mengontrol siklus pendingin dan pencairan, komponen sitme ini biasanya berupa timer defrost dan pemanas defrost. Jika halini rusak tentunya akan menyebabkan embun beku yang berlebih menumpuk di koil evaporator.

Kamu dapat mengatasinya dengan mengecek multimeter untuk timer jenis 1-3 diukur di pin 1 dan 3 sedangkan timer jenis 1-4 diukur I pin 1 dan 4.

10. Freon Habis

Seperti AC yang membutuhkan Freon untuk mendinginkan suhu ruangan ternyata kulkas juga dapat dibantu dengan Freon. Freon merupakan senyawa gas/cairan yang tidak berwarna, berbau, dan tak mudah terbakar. Nah biasanya Freon memiliki masa pakai sendiri dan perlu diganti bila isi tabungnya habis, hal ini tentunya akan membuat AC kamu tidak dingin.

Itulah 10 penyebab AC dirumah kamu tidak dingin, dengan merapikan barang yang berada di dalam kulkas juga dapat menjadi solusi agar kulkas kamu lebih tertada dengan beberapa barang lainnya. Selalu perhatikan beberapa hal yang dapat menyebabkan kulkas kamu tidak dingin.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela