Kisah Malang Seekor Rusa Tersangkut Ban di Leher Selama 2 Tahun, Kini Akhirnya Bebas

Baiq Nurul Nahdiat19 Okt 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 19 Okt 2021, 16:05 WIB
Kisah Malang Seekor Rusa Tersangkut Ban di Leher Selama 2 Tahun

Fimela.com, Jakarta Seekor rusa dari hutan belantara Colorado, Amerika Serikat, yang menderita selama dua tahun terakhir karena ban mobil tersangkut di lehernya akhirnya berhasil diselamatkan.

Melansir dari Liputan6.com, Selasa (19/10/2021), informasi yang dihimpun dari World of Buzz, rusa banteng berusia empat setengah tahun itu pertama kali terlihat lebih dari dua tahun lalu selama survey satwa liar oleh pihak berwenang di sana.

Namun, butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan cukup banyak penampakan agar bisa melacak dan membebaskannya dari penderitaan itu karena sangat sulit ditemukan.

Rusa seberat 270 kg itu akhirnya berhasil ditemukan oleh pihak berwenang AS, berkeliaran di hutan belantara Colorado dengan kawanannya. Mereka pun dengan cepat menggelar operasi yang rumit untuk membebaskan rusa itu dari ban mobil di lehernya.

Hewan itu akhirnya dibius dan petugas satwa liar mencoba melepaskan ban tapi tidak bisa melakukannya karena tanduk hewan itu menghalanginya untuk lepas.

Terpaksa memotong tanduk rusa

Kisah Malang Seekor Rusa Tersangkut Ban di Leher Selama 2 Tahun
Kisah Malang Seekor Rusa Tersangkut Ban di Leher Selama 2 Tahun. (thedrive.com)

Sialnya, ban mobil itu tidak bisa dipotong karena terlalu keras. Petugas kemudian berimprovisasi dan memotong tanduk rusa untuk melepas ban.

“Sangat sulit melepasnya (ban). Kami lebih suka memotong ban dan membiarkan tanduknya digunakan untuk aktivitas ruttingnya, tapi situasinya dinamis dan kami harus melepaskan ban dengan cara apa pun yang memungkinkan,” ucap petugas Colorado Park, Scott Murdoch.

Tanduk rusa bisa tumbuh kembali

Namun, tidak perlu khawatir karena memotong tanduk tidak akan mempengaruhi rusa karena itu bisa tumbuh kembali.

Dengan melepas ban, petugas memperkirakan bahwa rusa itu kehilangan sekitar 16 kg bobot tubuhnya karena ban itu penuh dengan kotoran.

Murdoch memperkirakan bahwa ban itu menempel pada rusa saat masih muda, sebelum tanduknya tumbuh.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Yulia Lisnawati

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela