Sukses

Lifestyle

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Saat kita mengingat kesalahan di masa lalu, pasti kita sering menyalahkan diri sendiri bahkan menyesalinya. Tetapi, berlarut-larut dalam kesalahan bukanlah yang bijak, jadi kamu harus belajar memaafkan diri sendiri. Dengan kita memaafkan diri sendiri akan menjadikan hidup kita lebih berkualitas dan lebih bahagia.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa memaafkan diri sendiri.

1. Mengakui kesalahan

Kesalahan yang kamu lakukan mungkin memang karena kelalaianmu, namun ingatlah bahwa itu bukan tanda kegagalan. Jadi, tak perlu berlarut larut saat melakukan kesalahan, sehingga kamu jadi jahat pada diri sendiri. Jadikanlah setiap kesalahan yang kamu lakukan sebagai pelajaran agar lebih baik lagi ke depannya.

2. Jangan terlalu memikirkan kesalahan

Semua orang melakukan kesalahan karena tak ada manusia yang sempurna. Terlalu terobsesi pada kesalahan juga bukan hal yang baik, karena kamu akan cenderung menyalahkan diri sendiri yang akan membuatmu jadi tak bersemangat beraktivitas. Daripada terus menerus memikirkan kesalahan, coba alihkan pikiranmu ke hal lain agar tak terlalu memikirkannya.

3. Berpikir positif

Wajar jika kita menyesali kesalahan yang kita lakukan. Tetapi jangan sampai hal itu membuatmu memiliki pikiran negatif pada diri sendiri, misalnya kamu berpikir bahwa kamu orang yang gagal dan tak bisa apa-apa. Hilangkanlah pikiran negatif seperti itu dengan melakukan self talk atau berbicara tentang hal positif dengan orang lain.

4. Mengeluarkan keluh kesah

Agar kamu bisa lega dan tak terlalu memikirkan kesalahanmu. Berbicaralah kepada orang terdekat yang kamu percaya seperti keluarga atau sahabat. Karena mengeluarkan unek-unek juga salah satu cara untuk membuat pikiran jadi lebih tenang agar tak dihantui rasa bersalah.

5. Belajar ihlas

Ihlas adalah salah satu cara untuk merelakan kesalahan yang pernah kamu lakukan. Percayalah bahwa semua pasti akan berlalu dan setiap masalah pasti selalu ada solusinya. Dengan begitu kamu akan jadi orang yang ihlas dan memaafkan dirimu sendiri.

Jadikanlah kesalahan yang kamu lakukan sebagai pelajaran dan berusahalah untuk selalu memaafkan dirimu setiap waktu, dengan begitu kamu akan menjadi orang yang lebih baik dan bahagian dari sebelumnya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading