Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Mudah Lupa

Fimela.com, Jakarta Banyak alasan yang membuat kita jadi mudah lupa, seperti terlalu banyak hal yang dipikirkan, stres, kurang minum air putih dan sebagainya. Meskipun pelupa adalah hal yang normal, tapi jangan disepelekan. Menurunnya daya ingat dapat menyebabkan menurunnya fungsi otak.

Namun kamu dapat mengatasi kebiasaan mudah lupa dengan cara berikut ini.

1. Meditasi

Terkadang, memikirkan banyak hal membuat kita jadi stres hingga sering lupa. Meditasi adalah latihan untuk menangkan diri yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jika kamu sering lupa, cobalah tenangkan dirimu dengan melakukan meditasi. Ini akan membantumu mengurangi stres, mengontrol emosi, hingga menajamkan ingatan.

2. Mengubah pola makan

Kesehatab usus yang buruk ternyata tak hanya menyebkan masalah kesehatan namun juga peradangan di otak akibat bakteri jahat. Jadi, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan anti-inflamasi, seperti buah, sayuran, prebiotik dan probiotik.

3. Perbaiki pola tidur

Kebiasaan tidur yang buruk tidak hanya menyebabkan stres namun juga membuat otak jadi gagal beristirahat dan memulihkan diri. Apalagi jika kamu sering bergadang, ini akan menyebabkan penumpukan kabut otak yang membuat kamu jadi pelupa.

4. Olahraga

Olahraga membuat darah dan oksigen mengalir ke seluruh tubuh. Sehingga otak juga akan berfungsi dengan baik yang membuat kita tak mudah lupa. Lakukanlah latihan fisik ringan setiap harinya dengan jalan-jalan, jogging, atau pemanasan.

5. Buat catatan pengingat

Mencatat apa pun yang kamu lakukan ternyata sangat membantu untuk orang yang mudah lupa. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan, gunakan buku catatan, kalender, atau alarm ponsel. Jadi, kamu tak perlu khawatir ada yang hal yang terlewatkan.

Nah, itulah sekian cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan pelupa. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading