Sukses

Lifestyle

Mellisa Anggiarti, Pilot Perempuan yang Elegan dan Fearless Bak Hong Cha Young "Vincenzo"

Fimela.com, Jakarta Beberapa profesi di dunia memang cenderung didominasi pria daripada perempuan. Namun di tengah hiruk pikuk dan perkembangan zaman, perempuan bisa mengembangkan kemampuannya dan berhasil mengukir reputasi hingga prestasi dalam karir atau profesi yang identik dengan dunia pria.

Dalam hal ini, iStyle.id merayakan 4th Anniversary-nya dengan menyelenggarakan sebuah webinar series bertema "iStyleBaruKorea". Webinar kedua iStyle pada Jumat (22/10/2021) ini bertajuk “Be Elegant and Fearless Like Hong Cha Young in K-Drama Vincenzo”. iStyle mengangkat topik ini dalam rangkaian webinarnya sebab terinspirasi oleh karakter perempuan independen bernama Hong Cha Young dalam K-Drama "Vincenzo".

iStyle pun menghadirkan narasumber yang menjadi salah satu sosok perempuan inspiratif cerminan dari Hong Cha Young versi Indonesia untuk membagikan kisah perjuangannya bekerja di lingkungan yang didominasi oleh laki-laki yaitu Mellisa Anggiarti, seorang perempuan berprofesi sebagai pilot Garuda Indonesia.

Awal Mula Mellisa Anggiarti Menjadi Pilot

Pada awalnya, Mellisa merupakan mahasiswi jurusan filsafat dan tidak pernah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang pilot. Di tengah mengerjakan skripsi, ia sering berpergian dengan pesawat dan disitulah muncul keinginannya untuk menjadi seorang pilot, di mana akhirnya Mellisa memutuskan untuk masuk ke sekolah penerbangan.

Mellisa juga mengungkapkan bahwa lingkungan sekitarnya seperti keluarga dan teman-teman pun sangat mendukung agar ia menjadi pilot karena kegigihannya yang ingin belajar kembali dari awal.

“Tanggapan orang sekitar yang ngeliat aku saat itu, oh yaudah beneran serius karena dia belajar lagi dari awal. Jadi semuanya ngedukung sih kebetulan,” ujar Mellisa pada webinar iStyle “Be Elegant and Fearless Like Hong Cha Young in K-Drama Vincenzo” pada Jumat (22/10).

Berbagai Tantangan di Profesi Dunia Pria: Menghadapi Rasa Takut

Mellisa mengaku terdapat isu gender pada pekerjaan ini sehingga banyak tantangan yang harus ia hadapi karena dirinya adalah seorang minoritas. Ia bahkan kerap mendapatkan diskriminasi dan mengalami pelecehan seksual. Ia awalnya percaya diri akan berhasil di dunia pilot ini selama dirinya memiliki kemampuan yang cukup, namun ternyata tantangannya jauh lebih besar dari itu.

“Selama aku kompeten di dunia ini aku bisa survive. Kepercayaan diriku disitu aja gitu kuncinya. Jadi aku bener-bener gak pernah mikirin hal lain, tadinya gitu. Tapi ternyata bebannya ada banyak ya,” tutur Mellisa.

Mellisa menjelaskan bahwa pada dasarnya, jika perempuan ingin terjun ke profesi dunia pria memang harus membekali diri dengan mental yang sangat kuat. Terlebih lagi, masih banyak pria yang belum teredukasi tentang isu gender.

Meski bekerja di profesi yang didominasi oleh para pria, hal ini bukanlah penghalang bagi Mellisa untuk tetap bekerja sebagai seorang pilot. Rasa takut yang memang wajar dialami ini justru harus ia dihadapi agar ia bisa berantisipasi dengan segala rintangan yang ada didepannya.

“Dengan kita membekali diri kita, rasa takutnya akan terkikis dengan sendirinya gitu, yang aku pegang prinsipnya itu sih. Jadi dengan kita me-maintain rasa takut itu bikin kita memang jauh lebih percaya diri sih,” ucap Mellisa.

Mengimbangi antara Pekerjaan, Keluarga dan Penampilan

Selama bekerja menjadi seorang pilot, Mellisa mengaku sulit untuk mendapatkan waktu untuk diri sendiri alias me time. Namun, ia tetap mengusahakan agar bisa mengimbangi antara pekerjaan, keluarga dan penampilan dirinya.

Bagi ibu anak satu itu, perempuan memiliki tantangan beban ganda. Karena menurutnya, pria lebih mudah menjalankan pekerjaannya dibanding perempuan, sebab perempuan masih memiliki tanggung jawab atas keluarganya di rumah. Ia pun merasakan hal ini karena harus bangun lebih pagi untuk mengurus keluarga terlebih dahulu sebelum mempersiapkan dirinya sendiri untuk bekerja.

Sementara untuk penampilan, Mellisa mengungkap bahwa ia cukup dengan rutin menggunakan skincare. Menurutnya, salah satu skincare yang paling penting untuk dipakai sebagai bagian dari rutinitasnya adalah sunscreen, apalagi pekerjaannya mengharuskan ia bertemu langsung dengan cahaya matahari. Terkadang untuk menghindari perasaan stres, Mellisa pun sesekali berdandan.

Tips dari Mellisa agar tetap berpenampilan elegan adalah dengan bangun pagi, menggunakan sunscreen dan rangkaian skincare lainnya serta mengonsumsi makanan sehat yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Kisah Mellisa Anggiarti ini bisa dijadikan motivasi oleh Sahabat Fimela yang ingin bekerja maupun berkarya di dunia pria.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading