5 Bacaan Doa Dzikir agar Otak Cerdas dan Kuat Hafalan

Imelda Rahma26 Okt 2021, 11:29 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 11:30 WIB
Doa Sholat Hajat

Fimela.com, Jakarta Memahami bacaan dzikir setelah sholat adalah satu upaya seorang hamba mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ketakwaan. Dzikir adalah perbuatan dengan lisan (menyebut, menuturkan, dan mengatakan) serta dengan hati (mengingat dan menyebut).

Sederhananya, dzikir adalah pekerjaan lisan dan hati. Pentingnya mengetahui bacaan dzikir setelah sholat juga dijelaskan Syekh Abu Ali ad-Daqqaq. Bahwa dzikir adalah tiang penopang yang sangat kuat atas jalan menuju Allah SWT. Ibnu Ata’, seorang sufi yang menulis al-Hikam (Kata-Kata Hikmah) membagi zikir atas tiga bagian: dzikir jali (jelas, nyata), dzikir khafi (samar-samar) dan dzikir haqiqi (sebenar-benarnya).

Dzikir juga merupakan amalan dengan nilai pahala yang tinggi. Dalam Islam, untuk memiliki otak cerdas dan kuat hafalan, selain dengan belajar yang tekun kita juga dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan baik, salah satunya adalah berdzikir. Sebab, kecerdasan itu merupakan anugerah dari Allah SWT. Sehingga untuk mendapatkannya, diperlukan izin dan rida atas-Nya.

“Barang siapa yang menginginkan doanya dipenuhi Allah ketika ia dalam kesulitan, maka hendaklah ia memperbanyak doa di waktu lapangnya.” (H.R. Tirmidzi dan Hakim).

Amalan ini tidak hanya memberikan kita kemudahan untuk mendapat kecerdasan tapi juga agar usaha yang kita lakukan senantiasa diberkahi oleh Allah.

Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 5 bacaan doa dzikir agar otak cerdas dan kuat hafalan. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Doa agar diberikan kecerdasan

Doa agar diberikan kecerdasan
Ilustrasi Berdoa Credit: shutterstock.com

Kita juga harus senantiasa berdoa kepada Allah agar diberikan kecerdasan dan hafalan yang kuat, karena segala sesuatu yang ada dalam diri kita berasal dari Allah. Berikut bacaan doa dzikir yang bisa kamu panjatkan setelah selesai sholat:

"Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdhal mursalina wa ilhamal malaikatil muqarrabin birahmatika ya arhamar rahimina.

Artinya:

" Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Mahapengasih."

Doa agar hafalan kuat

Doa agar hafalan kuat
Ilustrasi Muslimah Credit: shutterstock.com

"Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa 'ilman wa sakh kharnaa ma'a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa'iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa 'alaihim ajma'iina. Urzuqnil fahma warzuqnil 'ilma walhikmata wal 'aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina."

Artinya:

"Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harus, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Doa agar anak dianugerahi kecerdasan

Doa agar anak dianugerahi kecerdasan
Ilustrasi Berdoa Credit: shutterstock.com

Allahummamla' quluba auladina nuran wa hikmatan wa ahlihim liqobuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya,

"Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

Doa agar ditambahkan ilmu

Doa agar ditambahkan ilmu
Ilustrasi Muslimah Credit: shutterstock.com

“Robbi zidni’ ilmaa, warzuqni fahma waj’alnii minash shoolihin”

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."

Doa agar tidak mudah lupa

Doa agar tidak mudah lupa
Ilustrasi Muslimah Credit: shutterstock.com

“Allahumma inni istaudi’uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilahi walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamin”.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

Ajarkan juga kepada anak-anak untuk menghafalkan doa-doa tersebut di atas agar ia juga bisa mendoakan dirinya sendiri dan tahu makna dari doa tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela