5 Tipe Perempuan yang Punya Kedewasaan Tinggi dengan Gaya Hidup Sederhana

Endah Wijayanti26 Okt 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 26 Okt 2021, 15:15 WIB
aku uang dan ibu rumah tangga

Fimela.com, Jakarta Usia bukan satu-satunya patokan atau standar kedewasaan seseorang. Pengalaman hidup, perspektif, dan cara berpiki juga punya pengaruh besar terhadap kedewasaan individu. Meski tidak semua memiliki jalan hidup atau pilihan yang sama, masing-masing dari kita punya cara tersendiri untuk bisa memiliki kedewasaan yang tinggi.

Kali ini kita akan coba bahas soal tipe-tipe perempuan yang punya kedewasaan tinggi dengan gaya hidupnya sederhana. Kita coba gali sudut pandang bagaimana pilihan gaya hidup yang sederhana bisa membentuk karakter atau pribadi seseorang jadi lebih dewasa. Biasanya, meski tidak selalu mutlak, tipe-tipe perempuan yang bergaya hidup sederhana seperti inilah yang punya kedewasaan tinggi. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

1. Perempuan yang Tidak Mudah Terikat Objek

Bagi kita yang menerapkan gaya hidup sederhana dengan konsep minimalis biasanya sudah sangat paham soal ini. Kita membeli barang atau benda sesuai kebutuhan. Tidak terikat oleh objek dan tidak harus membeli semua yang dimau. Sehingga kita bisa lebih leluasa dan tenang dalam menjalani hidup sebab kita tak terobsesi dengan memiliki semua hal yang kita lihat. "Menerapkan hidup minimalis berarti melawan keinginan untuk menghadirkan tiruan dunia luar di dalam rumah kita sendiri," tulis Francine Jay dalam Seni Hidup Minimalis

2. Perempuan yang Senantiasa Bersyukur

Berapa pun uang yang dimiliki, selalu bersyukur. Sedikit banyaknya makanan yang dimiliki, semua selalu disyukuri. Senantiasa bersyukur membuat kita lebih menghargai hidup. Kita pun jadi lebih bijak dalam memaknai setiap anugerah dan rezeki yang ada. Tidak mudah panik atau cemas terhadap hal-hal  yang berada di luar kendali diri.

 

 

3. Perempuan yang Terbiasa Mencukupi Kebutuhan Sendiri

aku uang dan soal bekerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/mentatdgt

Kamu memilih gaya hidup sederhana karena kamu nyaman dengan semua yang serba cukup. Tidak berlebihan, apalagi berlagak sok kaya, sehingga kamu bisa lebih mudah menata prioritas hidup. Mencukupi kebutuhan sendiri dengan mandiri. Tidak selalu bergantung terhadap orang lain, apalagi menyusahkan orang lain. Kedewasaanmu terbentuk dari caramu mengusahakan diri untuk bisa berdiri di atas kaki sendiri.

4. Perempuan yang Bertanggung Jawab atas Pilihan Hidupnya

Setiap pilihan hidup yang kita ambil selalu akan disertai dengan berbagai konsekuensi. Misal, saat ini kamu lebih memilih untuk hidup sederhana karena kamu nyaman dengan ini. Lalu, ada saja orang-orang yang mencibirmu dan menganggapmu "sok rendah hati" atau cuma menganggapmu cari perhatian. Ya sudah biarkan saja itu. Kamu nyaman dengan pilihan hidupmu, maka kamu bertanggung jawab atas itu untuk dirimu, bukan untuk orang lain. 

5. Perempuan yang Membantu Meringankan Beban Orang Lain

Meski belum banyak yang bisa kamu berikan untuk orang-orang di sekitarmu, tapi setidaknya kamu berusaha untuk berbagi sedikit rezeki atau kebahagiaan yang kamu miliki. Kamu bahagia melihat orang lain bahagia. Kamu pun suka membuat orang lain bahagia. Hidup pun jadi terasa lebih indah.

Jadi, apakah kamu termasuk ke dalam salah satu tipe di atas? Atau mungkin Sahabat Fimela punya pendapat atau sudut pandang lain terkait hal ini? Boleh lho berbagai pengalaman dan perspektif di sini.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela