4 Tips agar Uangmu Tidak Mudah Habis

Fimela Reporter27 Okt 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 27 Okt 2021, 18:35 WIB
Tips Biar Uang Kamu Ga Gampang Habis!

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti pernah mikir mengapa uang kamu gampang banget abis. Padahal mungkin kamu merasa tidak membeli apa-apa. Hal itu pasti banyak dialami oleh semua orang. Terkadang kamu bingung dengan pengeluaranmu sendiri. Maka dari itu biar kamu ga bingung dan bertanya-tanya kenapa uangmu gampang habis, cek yuk info tips supaya uang kamu ga gampang abis nih!

1. Mulai untuk Identifikasi kondisi keuanganmu

Identifikasi keuangan ini dilakukan untuk ngecek dimana dirimu selama ini secara finansial seperti kondisi tabungan, aset, utang, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari tahu berapa tabungan yang kamu punya serta asal pendapatannya, aset-aset yang kamu punya saat ini, dan juga utang yang kamu punya. Dengan kamu mengenal tiga hal tersebut, kamu jadi mempunyai gambaran mengenai keuanganmu sudah baik apa belum.

2. Membuat skala prioritas untuk keuanganmu

Tips Biar Uang Kamu Ga Gampang Habis!
Membuat skala prioritas untuk keuanganmu / copyright shutterstock

Setelah identifikasi, kamu bisa lanjut dengan membuat skala prioritas buat keuangan kamu. Membuat skala prioritas ini, bisa diawali dengan mengenali apa yang menjadi kebutuhan kamu setiap bulannya. Kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda, makanya dengan kamu mengetahui kebutuhanmu sendiri bisa membantu kamu untuk menyusun skala prioritas dengan lebih mudah misalnya bagi sebagian orang belanja bulanan dalam sekali waktu merupakan kebutuhan yang paling penting. Namun, bagi orang lain kebutuhan akan internet seperti paket data dan wifi adalah hal yang penting. Pada tahap ini juga kamu jadi bisa berkompromi dengan dirimu sendiri mengenai skala prioritas di dalam kehidupanmu.

3. Melacak pengeluaranmu dan lakukan review secara berkala

Jika kamu sebelumnya sudah membuat perencanaan, langkah yang paling penting adalah melacak dan mereview. Langkah ini akan membuatmu semakin mengerti dengan kebiasaaan pengeluaran yang kamu lakukan. Lalu, kamu harus berpikir kira-kira hal apa yang bisa kamu kebangkan dari kebiasaan pengeluaranmu ini biar jadi lebih baik. Misalnya, ketika kamu sudah melacak dan mereview kamu sadar ternyata kamu sudah terlalu banyak membeli makanan di luar. Mungkin udah saatnya kamu untuk mengalokasikan pengeluaranmu untuk membeli makanan di luar tersebut atau ternyata dana yang kamu keluarkan untuk pulsa internet tidak sebesar bulan sebelumnya. Hal itu dapat membuat kamu bisa mengatur pengeluaranmu kembali.

4. Membuat tujuan untuk menabung jangka panjang

Terakhir, buatlah tujuan menabung jangka panjang kamu. Tidak bisa dipungkiri jika memang tidak semua uang kamu itu bakal masuk semua ke tabungan. Pastinya ada porsi dari uang yang kamu punya bakal kamu keluarkan untuk beberapa hal. Selain itu, menabung tanpa tujuan yang jelas itu jadi rentan membuat kamu kebingungan dan jauh lebih rentan untuk dipakai. Dengan adanya tujuan yang jelas, akan membantu kamu untuk lebih konsisten menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk nabung dan kamu juga bisa membuat target seberapa besar uang yang akan kamu tabung.

Itu dia beberapa tips agar uang kamu ga gampang abis. Dijamin  setidaknya kamu bisa tahu kemana uang kamu pergi. Kalau sahabat fimela kira-kira sering mengeluarkan uang untuk apa nih? Dan langkah apa yang kamu lakuin supaya uang kamu ga gampang abis?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela