Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Dendam agar Hidup Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Dendam biasanya berawal dari sakit hati yang menumpuk menjadi benci. Rasa dendam boleh saja tak tampak, namun jika dibiarkan mengaliri hati kita, ini bisa menjadi penyakit hati, mental bahkan berdampak buruk pada tubuh. Tidak ada cara lain untuk menghilangkan dendam selain dengan memaafkan dan merelakan agar hidup kita bahagia.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membebaskan diri dari rasa dendam.

1. Menerima semua yang terjadi

Apa yang sudah terjadi tidak dapat kita ulangi kembali. Satu-satunya cara kita harus meneriman kenyataan tersebut. Sesulit apa pun kita melupakannya, terimalah hal itu sebagai sesuatu yang sudah lewat. Dengan merelakan semua yang sudah terjadi, tentu kita akan lebih mudah memaafkan.

2. Tenangkan pikiranmu

Saat orang lain membuat kita sakit hati, cobalah menyendiri terlebih dahulu untuk menenangkan pikiran kita. Renungkanlah bahwa kita sebagai manusia biasa juga bisa saja melakukan kesalahan yang sama. Atau pikirkan kesalahan yang juga pernah kita perbuat pada orang lain. Bukankah hal itu sama saja, kita juga sama-sama berpotensi untuk menyakiti hati orang lain.

3. Mengungkapkan perasaanmu

Sakit hati dan dendam seringkali timbul ketika suatu masalah tidak langsung diselesaikan. Semakin lama dipendam maka akan semakin menimbun perasaan benci. Kamu perlu mengutarakan apa yang kamu rasakan pada prang yang bersangkutan. Setelah mengutarakannya pasti akan dapat menciptakan pengertian satu sama lain.

4. Ingat kebaikannya

Jika hati kita dipenuhi kebencian kepada seseorang. Maka ingatlah, sebenci-bencinya kita tetap orang tersebut, ia pasti pernah melakukan kebaikan. Nah, cobalah untuk mengingat-ingat lagi apa kebaikan yang pernah ia lakukan kepada kita. Dengan begitu, pasti akan bisa mengurangi rasa benci kita kepada orang tersebut.

5. Memaafkan dan merelakan

Menyimpan dendam dalam waktu yang lama hanya akan menguras energimu. Belum lagi sakit hati dan rasa benci yang akan membuatmu terganggu secara mental. Merelakan dendam akan memberimu ketenangan juga kebahagiaan. Sehingga kamu dapat memaafkan dengan mudah untuk melanjutkan hidupmu yang dengan perasaan damai.

Menyimpan dendam itu sama seperti kita memegang bara api tapi berharap orang lain yang terbakar. Jadi, satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan memaafkan dan merelakan yang sudah terjadi.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading