Sukses

Lifestyle

Anti Mager, Ini Dia 6 Tips Mudah Olahraga di Rumah Bagi Pemula

Fimela.com, Jakarta Sebagai manusia olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Beberapa orang mungkin mager untuk olahraga jika harus keluar rumah atau mengeluarkan biaya. Nah, ternyata kamu bisa melakukan workout di rumah loh tanpa harus keluar rumah dan mengeluarkan biaya. Tidak ada alasan lagi untuk kamu mager berolahraga karena kamu bisa melakukannya di rumah. Berikut 6 tips mudah olahraga di rumah bagi pemula.

1. Mempunyai ruangan olahraga

Sebelum mulai olahraga, tentunya kamu harus punya ruangan olahraga terlebih dahulu. Usahakan kamu mempunyai ruangan khusus untuk kamu berolahraga. Dengan kamu mempunyai ruangan sendiri, kamu bisa menaruh peralatan olahraga kamu tanpa mengganggu perabotan rumah tangga yang lain. Kemudian, kamu juga bisa lebih bebas berolahraga tanpa ada gangguan dari orang lain.

2. Komitmen latihan yang besar

Untuk memulai olahraga baik itu di rumah maupun di luar rumah tentunya kamu harus memiliki niat untuk latihan. Misalnya kamu ingin mulai olahraga untuk menurunkan berat badan berarti kamu harus mempunyai niat yang besar dan latihan dengan sungguh-sungguh. Sebaiknya, kamu mempunyai beberapa macam latihan dan juga hafalan untuk olahraganya agar bisa kamu lakukan berulang-ulang. Hal tersebut bisa melatih otak kamu untuk ingatan dan juga komitmen kamu untuk selalu berolahraga.

3. Memiliki panduan olahraga

Jika sudah ada komitmen untuk latihan, selanjutnya kamu harus mempunyai panduan untuk olahraga. Seperti olahraga di gym yang membutuhkan personal trainer, di rumah kamu juga butuh personal trainer. Cara mudah untuk mempunyai personal trainer tanpa mengeluarkan biaya yaitu dengan melihat panduan olahraga di youtube. Kamu tinggal cari video-video workout di rumah bagi pemula.

4. Membuat jadwal latihan

Supaya olahraga kamu bisa berjalan dengan baik, jangan lupa untuk membuat jadwal latihan. Walaupun dilakukan di rumah, tapi kamu harus tetap membuat jadwal latihan seperti membuat note di kalender atau pasang reminder di handphone untuk menulis jadwal dan jenis olahraganya apa.

5. Peralatan olahraga

Melakukan olahraga di rumah tentunya juga butuh variasi. Biasanya jika kamu hanya melakukan angkat beban atau cardio itu membuat kamu gampang bosen. Cobalah kamu mulai mempunyai variasi olahraga-olahraga baru dengan membeli peralatan olahraga seperti dumble, skipping, yoga mat, dan lain-lain. Belilah peralatan olahraga sesuai yang kamu butuhkan karena hal itu dapat membuat latihan olahraga kamu lebih bervariasi. Mungkin saja dengan membeli alat-alat baru kamu lebih semangat untuk berolahraga.

6. Memakai pakaian olahraga

Pakian olahraga merupakan hal yang penting sebelum kamu memulai untuk berolahraga. Karena jika kamu menggunakan pakaian yang salah, kamu bisa mengalami cidera loh! jadi, jangan lupa untuk memakai pakaian olahraga ya! Dan juga untuk memulai olahraga harus pada waktu yang tepat. Kamu bisa mulai olahraga pada pagi hari atau sore hari.

 Itu dia beberapa tips untuk olahraga di rumah bagi pemula. Kalau sahabat fimela lebih suka olahraga di rumah atau di luar rumah nih?

 Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading