Sukses

Lifestyle

Jangan Salah Atur Prioritas, Penuhi Lebih Dulu Beberapa Kebutuhan Ini Saat Gajian Tiba

Fimela.com, Jakarta Nggak ada momen yang lebih membahagiakan, selain saat hari gajian tiba. Dari yang sebelumnya harus menahan diri biar nggak belanja ini itu dulu, kini akhirnya bisa membeli apa yang disuka. Bahkan, karena rekening sudah kembali terisi, pesan apapun rasanya nggak perlu mikir lama.

Membahagiakan diri saat hari gajian tiba, memang nggak salah. Toh hitung-hitung untuk mengapresiasi diri yang sudah bekerja keras, sekaligus memotivasi diri biar makin semangat mencari pundi-pundi Rupiah. Namun, jangan sampai gaji habis tanpa sisa, hanya gara-gara salah atur prioritas.

Biar lebih efisien, dahulukan uang gajian untuk memenuhi sederet kebutuhan berikut ini:

Membayar Tagihan Bulanan

Sebelum bablas bersenang-senang dengan uang gajian, cek kembali daftar tagihan rutin yang harus dibayar setiap bulan. Misalnya, lunasi dulu cicilan kartu kredit, biar nggak sampai kena denda keterlambatan pembayaran. Kemudian, bayar semua tagihan rutin, seperti tagihan listrik, air, internet, sampai langganan TV kabel, agar fasilitas tersebut bisa tetap dinikmati di rumah. Inilah kenapa membayar tagihan bulanan ini wajib diprioritaskan lebih dulu saat gajian tiba.

Memenuhi Kebutuhan Pokok untuk Sebulan Ke Depan

Apabila semua tagihan bulanan sudah beres dibayar, kelola gaji untuk memenuhi kebutuhan pokok untuk sebulan ke depan. Jika terbiasa masak sendiri agar lebih hemat, maka penuhi kebutuhan beras, minyak goreng, gula, telur, mie instan, maupun bahan-bahan lainnya. Selain makanan, cek juga perlengkapan mandi, mencuci, sampai bersih-bersih rumah. Kamu bisa sekalian memenuhi kebutuhan pokok ini lewat belanja bulanan. Dengan begitu kamu bisa lebih tenang menjalani hari-hari untuk sebulan ke depan.

Alokasikan Dana untuk Tabungan dan Investasi

Masing-masing orang bebas memutuskan berapa jumlah uang yang perlu disisihkan untuk tabungan maupun investasi. Namun, jika kamu bingung, banyak konsultan keuangan yang menyarankan agar kamu  mengalokasikan 20 persen dari gaji bulanan untuk ditabung. Jumlah tersebut masih tergolong masuk akal. Kamu bisa menyimpannya dalam bentuk tabungan reguler. Sementara jika ingin berinvestasi, beberapa produk investasi redah risiko  macam tabungan berjangka, reksadana pasar uang, emas dan deposito bisa dipertimbangkan.

Jangan Lupa Menyiapkan Asuransi Kesehatan

Sisa gaji yang ada, jangan buru-buru dihabiskan buat foya-foya semua. Masih ada satu lagi prioritas yang nggak boleh kamu lewatkan. Apa lagi kalau bukan menyiapkan asuransi kesehatan. Lebih-lebih di masa yang nggak pasti seperti sekarang ini, kesehatan perlu diperhatikan betul-betul. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa lebih tenang karena #SehatmuTerlindungi. Selain itu, kamu juga terhindar dari risiko pengeluaran nggak terduga saat sakit tiba-tiba.

Biar bebas ribet, kamu bisa mengandalkan Garda Healthtech dari Asuransi Astra. Produk asuransi kesehatan perorangan berbasis digital ini menawarkan memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh, kemudahan dalam mengaksesnya, dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Kabar baiknya, dalam momen payday yang berlangsung mulai 25 Oktober hingga 7 November 2021, paket Garda Healthtech bisa dibeli mulai dari Rp299 ribu per tahun dengan jaminan konsultasi secara online dan tatap muka hingga jaminan obat dengan total manfaat hingga Rp3,2 juta lho. Guna memberikan fleksibilitas coverage produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, Garda Healthtech tersedia dalam tiga pilihan paket, yaitu Fit, Classy, dan Ultima. Kamu bisa cek detail dari masing-masing paket dan informasi Garda Healthtech lebih lanjut di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading