Sukses

Lifestyle

10 Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Korea di Rumah, Siapapun Pasti Bisa

Fimela.com, Jakarta Menguasai bahasa asing adalah keahlian yang sangat berguna untuk mengembangkan diri. Selain bahasa Inggris, terdapat bahasa lainnya yang bisa membantu kamu untuk bersaing di dunia profesional, salah satunya bahasa Korea

Seiring dengan meningkatnya gelombang popularitas Korea, maka minat untuk mempelajari bahasa Korea juga semakin tinggi. Dikutip dari sejumlah website, Bahasa Korea disebut-sebut sebagai salah satu bahasa yang mudah dipelajari, jika dibandingkan dengan bahasa mandarin dan Jepang. 

Lalu, apakah ada cara mudah untuk mempelajari bahasa Korea, dan apakah bahasa ini bisa dipelajari sendiri di rumah? Simak 10 cara cepat dan mudah untuk mempelajari bahasa Korea, dikutip dari laman Kementrian Luar Negeri Korea Selatan. 

1. Pelajari Hangeul

Cara belajar bahasa Korea yang pertama adalah dengan mempelajari huruf-hurufnya yang disebut Hangeul. Di awal belajar bahasa asing, kamu harus menguasai alfabet yang digunakan oleh bahasa asing tersebut (jika ada) secara menyeluruh. Ini akan menjadi awal yang baik dalam perjalanan kamu menuju penguasaan bahasa.

2. Kembangkan Kosakata

Cara belajar bahasa Korea yang kedua adalah dengan mengembangkan kosakata yang kamu miliki. Setelah menguasai Hangeul, kamu bisa mulai membentuk kosakata. Lebih baik memulai dengan angka (angka Korea dan China dua-duanya digunakan di negara Korea), hari dalam seminggu, dan frasa percakapan sederhana.

3. Ketahui Kata-Kata Pinjaman atau Konglish

Cara belajar bahasa korea yang ketiga adalah dengan mengetahui kata-kata pinjaman atau konglish. Bahasa Korea memiliki banyak kata pinjaman dan kata Inggris gaya Korea yang disebut "Konglish" (Bahasa Korea + Inggris). Kata-kata seperti ini merupakan bagian penting dari kosakata sehari-hari. Kata pinjaman adalah kata-kata yang bersuara dan memiliki arti yang sama dengan kata-kata bahasa Inggris. Kata-kata ini mudah diingat, karena terdengar seperti bahasa Inggris, meski dengan aksen Korea.

4. Latihan Membaca dengan Benar

Mungkin saat kita belajar pertama kali, cara bicara kita dan menyebutkan huruf huruf Bahasa Korea hanya berdasarkan dengan apa yang tertulis di website tempat kita belajar. Tapi sebenarnya, sembari melancarkan kemampuan membaca kamu dengan cara mendengarkan lagu dan membaca lirik, kamu bisa juga membuat cara baca kamu terdengar seperti orang korea asli. 

5. Hafalkan Kata-kata Bahasa Korea dari Drama

Sebelum belajar membuat kalimat dalam Bahasa Korea, menurut saya akan lebih mudah kalau kamu mencoba untuk menghafalkan banyak kata kata dalam Bahasa Korea terlebih dahulu. Cara paling dasar untuk menghafalnya adalah mencari kata kata itu dari buku belajar Bahasa Korea, tapi ada juga cara yang lebih mudah dan seru, yaitu menghafalkan kata-kata yang banyak kita dengar dari drama, variety show, dan juga lirik lagu.

 

6. Belajar Membuat Kalimat

Mungkin dari semua step yang ada, ini adalah step yang paling sulit yang harus kamu lalui.  Bahasa Korea hanya akan terasa sangat sulit di awal. Setelah semua kesulitan itu dilewati, yang lainnya akan menjadi jauh lebih mudah.

Bahasa Korea memiliki struktur kalimat yang sangat sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, maupun bahasa Inggris. Bahkan dalam Bahasa Korea, kita harus bisa belajar membedakan mana yang kata sifat, mana yang kata kerja, dan mana yang kata benda. Karena mereka memiliki berbagai macam partikel yang berbeda dan akan membuat kita harus menggunakan berbagai macam grammar yang berbeda pula.

7. Kelilingi Diri dengan Bahasa Korea

Salah satu cara belajar bahasa Korea  mengelilingi diri dengan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyimpan informasi di kepala mengenai bahasa Korea. Kamu juga dapat mengubah pengaturan bahasa di ponsel menjadi bahasa Korea atau menulis catatan pengingat untuk aktivitas harian terjadwal dalam bahasa Korea.

 

8. Cintai Kehidupan Sosial Korea

Cara belajar bahasa Korea yang ke tujuh adalah dengan mencintai dan membenamkan diri secara penuh dalam kehidupan sosial Korea. Jika kamu punya waktu dan uang, cara terbaik untuk belajar bahasa adalah dengan membenamkan diri sepenuhnya dalam budaya Korea.

Atur perjalanan ke Korea dan kamu akan dipaksa untuk berbicara dan membaca di setiap langkahnya. Tentu saja, banyak orang Korea yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, tetapi cobalah untuk berkomunikasi hanya dalam bahasa Korea selagi berkunjung di sana. Sebagai upaya terakhir, jelaskan bahwa Anda sedang mempelajari bahasa tersebut.

9. Awali dengan pengucapan salam dan sapaan yang benar

Pelajari bahasa-bahasa sapaan untuk mempermudah kamu melafalkan dan mulai menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi dengan bahasa Korea. 

10. Tentukan Bagaimana Cara Terbaik Pembelajaran Buat Kamu

Cara kelima yang dapat kamu lakukan untuk mempelajari bahasa Korea adalah dengan menentukan cara terbaik apa yang cocok dengan cara belajar kamu. Hal tersebut karena setiap orang memiliki caranya masing-masing, jadi dengan menentukan jenis pembelajaran apa yang mau kamu gunakan akan sangat berperan. Berikut tiga tipe pembelajar utama yang dapat membantu kamu untuk mempelajari bahasa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading