Sukses

Lifestyle

Sering Disepelekan, Ini 7 Kesalahan Sebelum Tidur yang Menyebabkan Rambut Rusak

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut sehat dan indah menjadi idaman bagi banyak wanita dalam menunjang penampilan. Dengan demikian, tak heran perawatan rambut kerap dilakukan, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga teknologi modern di salon guna menjaga kesehatan rambut.

Gaya hidup yang tepat juga dilakukan dari menjaga kesehatan rambut. Tidak hanya dengan merawatnya, tetapi sebaiknya hindari juga kebiasaan yang dapat merusak rambut. Sesungguhnya, salah satu waktu yang penting dalam menjaga kesehatan rambut adalah pada malam hari. Sayangnya, hal ini kerap disepelekan oleh banyak orang.

Sangat penting untuk membersihkan rambut atau melakukan berbagai hal demi menjaga kesehatannya ketika sebelum tidur pada malam hari. Berikut sederet kesalahan sebelum tidur yang menyebabkan rambut rusak yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Selasa (2/11/2021).

1. Tidur dengan Rambut Basah

Ketika sedang basah, rambut berada dalam kondisi paling lemah. Dengan demikian, hindari tidur dengan kondisi rambut masih basah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan membuat bercabang. Salah seorang penata rambut, Ted Gibson mengatakan, “Gesekan dengan kain pada malam hari ketika rambut basah bisa membuat kutikula menjadi kasar sehingga rambut menjadi kering dan keriting,” jelasnya.

2. Mengikat Rambut Saat Tidur

Saat mengikat rambut, terutama tidak diubah mulai sebelum hingga saat tidur ini dapat memiliki dampak buruk. Terlebih lagi, ikatan rambut tersebut sangat kencang yang bisa menyebabkan garis rambut disekitar dahi mundur hingga membuat rambut menipis dan rontok.

3. Mengikat Rambut dengan Karet

Masalah pada rambut dapat disebabkan pula jika mengikat rambut menggunakan karet. Ketika rambut basah dan diikat menggunakan karet, hal ini dapat menimbulkan masalah pada rambut yang diikat. Tak hanya itu, pastikan tidak menggunakan tali rambut dengan karet ini di pergelangan tangan.

4. Tidak Menyisir Rambut

Sebelum tidur, hendaklah menyisir rambut. Pasalnya, melakukan hal ini dapat bermanfaat bagi kesehatan. Kulit kepala yang memproduksi minyak alami bisa menyebar secara merata saat rambut disisir. Selain itu, menyisir rambut bermanfaat dalam menenangkan ketika tidur dan membuat lebih mudah terlelap.

5. Sarung Bantal Katun

Ternyata, menggunakan sarung bantal katun tidak baik untuk kesehatan rambut. Sutra lebih lembut dari katun sehingga akan lebih baik bagi rambut saat tidur. Gesekan antara rambut dengan sarung bantal merupakan hal yang tidak dapat dihindari setiap hari, sehingga pemilihan bahan untuk sarung bantal juga menjadi salah satu hal yang penting.

6. Tidak Melembapkan Rambut

Malam hari menjadi waktu yang tepat untuk merawat rambut sebelum tidur dan setelah menggunakan shampoo di pagi harinya. Gunakan kondisioner atau minyak kelapa sebelum tidur agar mendapatkan manfaat luar biasa di hari berikutnya.

7. Masih Menggunakan Hairspray

Rambut bisa menjadi kering ketika menggunakan banyak hairspray. Jika rambut belum dibersihkan pada malam hari sebelum tidur, maka dapat menimbulkan dampak buruk bagi rambut. Meski begitu, hindari mandi sebelum tidur, sebab rambut basah pun dapat berbahaya. Disarankan untuk menggunakan sedikit kondisioner untuk menghilangkan hairspray.

Menjaga kesehatan rambut penting untuk dilakukan, lho. Sahabat Fimela jangan lupa untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar rambut tidak rusak, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading