Sukses

Lifestyle

Ampuh Menghilangkan Noda Kuning pada Gigi, Konsumsi 6 Makanan Sehat Ini

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang putih dan bersih tentu menjadi impian banyak orang. Terkadang, rasa kurang percaya diri dapat dipicu akibat noda kuning yang muncul di gigi. Dengan begitu, saat ingin bertemu orang lain rasanya tidak ingin tersenyum lebar. Akhirnya, tak sedikit orang mencari berbagai obat atau alat pemutih gigi di berbagai apotek.

Umumnya, masalah ini terjadi akibat kebiasaan merokok atau konsumsi kafein harian seperti teh dan kopi. Tak hanya rokok dan minuman, semua bahan lain yang memiliki kandungan tembakau atau antibiotik di dalamnya pun juga dapat mempengaruhi noda kuning pada gigi.

Namun, sebelum memutuskan untuk mencari obat atau konsultasi ke dokter gigi, ada cara mandiri yang mudah untuk dilakukan dalam mengembalikan kecerahan gigi, yakni makanan sehat. Berikut makanan yang dapat menghilangkan noda kuning pada gigi yang telah Fimela rangkum dari merdeka.com, Kamis (4/11/2021).

Seledri

Seledri memiliki kandungan serat yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Namun, tak hanya itu, seledri pun dapat menjaga gigi tampak putih dan membuat gusi lebih sehat. Caranya adalah dengan mengunyah secara teratur. Jika mengunyah batang dan daun seledri, dinilai mampu meringankan noda kuning pada gigi secara optimal.

Apel

Sudah rahasia umum bahwa apel menjadi buah yang paling efektif dalam menghilangkan noda kuning pada gigi. Ketika memakan buah apel ini, banyaklah mengunyah. Selain membuat mulut berolahraga saat dimakan, proses gesekan yang terjadi saat apel dikunyah akan menyingkirkan partikel serta bakteri pada gigi sehingga gigi bisa tetap bersih.

Wortel

Selain dikenal akan kekayaan vitamin A, wortel memiliki khasiat lain yang masih jarang diketahui. Salah satunya adalah manfaat memutihkan gigi secara alami yang juga tak disadari oleh banyak orang. Wortel mampu membantu untuk menghilangkan noda kuning pada gigi dengan merangsang air liur, di mana air liur inilah yang dapat membuang sisa-sisa makanan sekaligus memperkuat gusi.

Bunga Kol

Pada dasarnya, buah dan sayur yang memerlukan banyak kunyahan ketika dimakan ini memiliki khasiat dalam menghilangkan noda kuning pada gigi. Hal ini pun juga berlaku untuk bunga kol. Semakin sering mengunyah bunga kol, maka bertambah pula kadar air liur yang dihasilkan. Dengan begitu, air liur dapat menjadi pembersih alami pada gigi yang dapat menjaganya tetap putih tanpa noda kuning.

Keju

Berbahan dasar susu, keju dinilai dapat mencegah gigi menguning. Keju yang dikenal dengan fungsinya untuk menguatkan tulang dan gigi karena mengandung kalsium ini, ternyata memiliki kandungan lain yang tak diketahui banyak orang. Keju mengandung lactic acid dan mineral kalsium yang mampu memperkuat email gigi sekaligus memutihkannya. Mengunyah keju pun dapat menstimulasi produksi air liur yang diketahui bisa membersihkan partikel sisa makanan di gigi.

Stroberi

Buah satu ini yang menjadi pelengkap dessert dan kaya akan vitamin C ini dinilai ampuh untuk membuat gigi putih. Hal ini disebabkan stroberi memiliki banyak kandungan enzim bernama malic acid. Enzim tersebut dapat menjaga gigi lebih putih secara alami. Jika mengonsumsi stroberi secara teratur setiap harinya, maka gigi tetap putih tanpa noda kuning ini bisa terjaga.

Sahabat Fimela sudah tak perlu khawatir saat senyum karena gigi bisa menjadi lebih putih ketika mengonsumi makanan-makanan diatas!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading