Sukses

Lifestyle

10 Cara Membuat Otak Cerdas dalam Waktu Singkat

Fimela.com, Jakarta Sesuatu yang umum untuk menganggap kecerdasan sebagai sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Beberapa orang untuk memiliki otak cerdas untuk terlihat mudah.

Namun memiliki otak cerdas bukanlah sifat dari seseorang. Ini adalah kemampuan yang dapat diubah dan fleksibel ketika belajar dan merangsang otak. Kuncinya adalah mempraktikkan kebiasaan gaya hidup yang mendukung dan melindungi otak.

Dikutip dari Health Line, kecerdasan yang mengkristal akan meningkat seiring bertambahnya usia. Ini terkait dengan kosakata, pengetahuan, dan keterampilan. Sementara kecerdasan likuid berkaitan dengan penalaran dan berpikir abstrak.

Untuk dapat memiliki otak cerdas dalam waktu cukup singkat, kamu bisa mempraktikkan beberapa hal berikut ini.

1. Olahraga teratur

Aktif secara fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otak. Menurut studi di 2018, olahraga ringan dapat meningkatkan aktivitias di hippocampus yang terlibat dalam memori. Untuk menikmati manfaat kognitif dari olahraga, penting untuk melakukannya secara teratur. Kamu tidak perlu olahraga berat, seperti berjalan, yoga, dan latihan angkat beban.

 

2. Tidur yang cukup

Tidur juga penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal. Saat tidur, otak akan menggabungkan ingatan yang dibuat sepanjang hari. Ini juga meningkatkan kemampuan otak untuk mempelajari sesuatu ketika bangun.

 

3. Meditasi

Studi di 2010 menyebut meditasi dikaitkan dengan fungsi eksekutif dan memori kerja yang lebih baik. Efek ini dapat diamati setelah empat hari meditasi. Para peneliti berspekulasi bahwa efek kognitif ini disebabkan oleh manfaat emosional dari meditasi.

 

4. Minum kopi

Kafein dalam kopi dapat menghalangi adenosin yang dapat menghentikan pelepas zat perangsang di otak. Sehingga dengan meminum kopi dapat memberikan dorongan energi. Ini juga dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan kinerja mental. Namun, terbaik adalah konsumsi kopi dalam jumlah sedang. Terlalu banyak kafein hanya meningkatkan kecemasan dan membuat kamu gelisah.

 

5. Minum teh hijau

Menurut ulasan 2019, Epigallocatechin Gallate dalam teh hijau dapat memfasilitasi akson dan dendrit di neuron. Akson dan dendrit ini memungkinkan neuron untuk berkomunikasi dan menyelesaikan tugas kognitif.

 

6. Makan makanan kaya nutrisi

Tingkatkan kesehatan otak dengan konsumsi makanan dengan nutrisi yang mendukung fungsi otak. Ini termasuk makanan yang kaya asam lemak omega 3, flavonoid, dan vitamin K. Menurut ulasan 2017, lemak omega 3 menjadi komponen utama dari struktur otak. Sementara flavonoid dikaitkan dengan hasil kognitif positif, termasuk peningkatan fungsi eksekutif dan memori kerja. Vitamin K sendiri berperan dalam kelangsungan hidup sel otak dan kinerja kognitif.

 

7. Memainkan alat musik

Memainkan alat musik adalah cara yang menyenangkan dan kreatif untuk meningkatkan kecerdasan otak. Ini akan menantang kemampuan sensorik dan kognitif.

 

8. Membaca

Penelitian menunjukkan bahwa membawa juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Ulasan di 2015 menyebutkan membaca merangsang setiap bagian otak bersama dengan koneksi saraf di antaranya.

 

9. Terus belajar

Jika ingin meningkatkan kecerdasan, jangan pernah berhenti belajar. Durasi pendidikan yang lama terkait dengan kecerdasan yang lebih tinggi, menurut ulasan 2018. Ulasan 2019 menyebutkan bahwa melanjutkan pendidikan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak.

 

10. Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial sehingga bersosialisasi dapat meningkatkan kebugara mental. Sosialisasi sendiri merangsang pikiran dan kemampuan kognitif.

 

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading