Sukses

Lifestyle

Mengenal Perempuan Terkaya di India, dari Bankir Hingga Jadi Pengusaha Kosmetik

Fimela.com, Jakarta Nasib mantan bankir inestasi, bernama Falguni Nayar berubah ketika ia memutuskan untuk pindah haluan menjadi pengusaha kosmetik. Pilihannya banting setir ternyata menguntungkan, ia menjadi perempuan terkaya dan miliarder baru di India setelah perusahaanya yang diberi nama Nykaa debut di pasar saham.

Produsen kosmetik dan induk pengecer FSN E-Commerce Ventures mampu mencetak nilai USD 13 miliar. Alhasil, 52,6 persen saham Nayar yang dipegang bersama suaminya Sanjay Nayar, yang mengepalai unit perusahaan ekuitas swasta Amerika KKR India, dan anak kembar mereka, bernilai USD 6,8 miliar.

Melansir Forbes, kenaikan kekayaan Nykaa disebabkan langkah IPO perusahaannya pada Juni lalu. Di mana Nykaa berhasil raup USD 2,3 miliar. Berkat itu, Nayar pun kecipratan untung hingga hartanya mampu menembus USD 1,1 miliar.

Berdasarkan informasi, IPO Nykaa yang dibuka sejak 28 Oktober hingga tutup 1 November mengalami subscribe sebanyak 82 kali. Perusahaan yang berbasis di Mumbai tersebut telah menetapkan harga antara 1.085 dan 1.125 rupee per saham.

Pengecer multi-merek kosmetik hingga pakaian itu menerbitkan 5,6 juta saham. Ini termasuk miliarder komoditas Hong Kong Harry Banga; Rishab Mariwala putra miliarder barang konsumen India Harsh Mariwala dan Sunil Kant Munjal, saudara miliarder otomotif Pawan Munjal. Hasil dari penjualan tersebut rencananya akan digunakan untuk menambah toko serta gudang baru untuk meningkatkan visibilitas merek.

"Pendaftra Nykaa di bursa saham India hari ini telah menjadi bersejarah dan apa yang membuatnya sangat menakjubkan adalah bahwa mereka baru memulai," kata Angad Bana, putra Harry Banga, yang kantor keluarga yang berbasis di Hong Kong adalah salah satunya investor paling awal dan terus memegang saham minoritas di Nykaa.

"Tingkat kepentingan investor yang belum pernah terjadi sebelumnya yang kami lihat adalah refleksi asli dari gairah dan tekad pendiri, tim kepemimpinan yang sangat kompeten dan berkhasiat mendorong perusahaan; dan visi luar biasa yang mereka miliki untuk masa depan," tambahnya.

Menjadi contoh untuk startup

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Lisha Batta (@lishabatta)

Nykaa menawarkan lebih dari 4.000 merek di seluruh platform kecantikan, perawatan pribadi, dan fashion, serta memiliki 80 toko di 40 kota.

Tetapi 97% dari nilai barang dagangan bruto (GMV) berasal dari penjualan online dengan kontribusi 63%. Sekitar 70% dari GMV berasal dari pelanggan yang sudah ada. Ini bekerja dengan lebih dari 3.000 influencer termasuk Gen Z Trend Setter, Blogger Gaya Hidup dan Selebriti.

Nykaa adalah contoh jarang dari suatu startup yang telah menghasilkan keuntungan.

Sebab, meski perusahaan masih berdiri, tapi Nykaa telah mampu menghasilkan keuntungan.

Itu terlihat dari dampak positif selama tiga tahun terakhir. Perusahaan untung khususnya di tahun 2021. Pendapatan Nykaa naik menjadi USD 334 juta dari sebelumnya hanya senilai USD 236 juta.

Perusahaan melaporkan, laba bersih berhasil diraih, yaitu sebesar USD 8 juta. Pada periode yang sama pun sebenarnya perusahaan mengalami kerugian hingga USD 2 juta di tahun 2021.

Namun jika dihitung, pendapatan selama tiga terakhir hingga 30 Juni 2021, perusahaan berhasil memperoleh hingga USD 110 juta dengan laba bersih USD 474.000.

Mengenal Nykaa

Falguni Nayar memulai perjalanan kewirausahaannya pada 2012, ketika dia berhenti dari pekerjaannya sebagai bankir investasi setelah menghabiskan 19 tahun di Mahindra Bank, yang didirikan oleh miliarder Uday Kotak.

Pada 2012, dia menginvestasikan $ 2 juta untuk memulai "Nykaa"-yang berasal dari kata Sanskerta "Nayaka," yang berarti seseorang yang berada dalam sorotan.

Tujuannya adalah untuk membawa berbagai merek kecantikan internasional termasuk orang-orang seperti Clinique dan Bobbi Brown kepada konsumen India. Dia segera diperluas ke toko batu bata dan mortir dengan pembukaan pertama pada 2014.

Pada 2015, ia meluncurkan merek kosmetik Nykaa in-house perusahaan dan mulai menjadi tuan rumah Nykaa Femina Beauty Awards. Pada 2016, dia mengantarkan merek mewah pertama Estee Lauder.

Nayar menjalankan Nykaa dengan kembarnya - Adwaitanya yang merupakan salah satu pendiri dan CEO untuk bisnis fashion dan Anchit yang merupakan CEO untuk bisnis kecantikan dan e-commerce. Dia juga memiliki rencana untuk ekspansi ke ke Timur Tengah dan kemudian Eropa.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading