Rahasia Raditya Dika Mengelola Keuangan hingga Rp1 Miliar

Vinsensia Dianawanti21 Nov 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 21 Nov 2021, 16:00 WIB
Raditya Dika

Fimela.com, Jakarta Selain menjadi penulis, Raditya Dika juga terkenal dengan komika, aktor, dan kreator konten di meedia sosial. Dengan beberapa profesi yang dijalani Raditya Dika, sebenarnya tidak sulit untuk mengumpulkan uang Rp1 miliar. Namun tantangan menuruti gaya hidup di ibukota bisa menjadi godaan untuk tidak mengelola keuangan dengan baik.

Di channel platform belajar investasi, Ternak Uang, Raditya Dika membeberkan kiat sukses dirinya dalam mengelola keuangan.

"Deposito menjadi pilihan investasi awal gue karena paling aman, dilanjutkan ke reksadana saham, reksadana pasar uang, dan reksadana saham individual. Namun hingga kini, semua investasi itu berjalan semua bersama-sama,” kata Raditya Dika.

Raditya Dika menyebut saat itu ia tidak terlalu memperhatikan laju investasi yang dimilikinya lantaran sibuk bekerja. Namun selang beberapa waktu, ia cukup terkejut ketika menyadari bahwa saldo investasi yang dimilikinya telah mencapai Rp1 miliar. Meski demikian, Raditya Dika mengaku tidak mudah untuk mengumpulkan uang sebesar itu.

 

Punya sumebr pendapatan

Raditya Dika
8 Tips Jadi Produktif Ala Raditya Dika. foto: Youtube 'Raditya Dika'

Seiring bertambahnya usia, Raditya Dika menyadari pentingnya manajemen keuangan. Sehingga ia mulai mencari cara agar uang dimilikinya tetap bergerak.

Sejak awal bekerja, Radit mencari cara untuk memiliki revenue stream atau aliran pendapatan yang banyak. Sebagai seorang storyteller, Radit memiliki beberapa opsi usaha seperti menjadi penulis skenario hingga komika. Radit juga mengandalkan sumber pendapatan pasif, seperti pemasukan yang didapat dari adsense kontennya di media sosial, royalti buku, dan komisi yang diterima melalui iklan, sponsorship, ataupun saat menjadi talent.

Meski memiliki sumber pendapatan yang cukup banyak, Radit sendiri tidak terlalu melirik barang mewah. Dirinya justru lebih suka mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bisa dinikmati bersama, seperti makan bersama ataupun liburan bareng keluarga. Baginya, esensi kemewahan itu bukan berasal dari kepemilikan atas barang-barang dengan harga mahal atau brand terkenal.

 

Tahu tujuan keuangan

Hal ini ia lakukan karena suami Annisa Aziza itu memahami bahwa tujuan akhir dari pengelolaan keuangan dalam kehidupannya adalah untuk membeli kebebasan di hari tua. Sehingga ia mempersiapkan banyak strategi agar impiannya untuk mencapai tujuan keuangan tersebut bisa tercapai.

Generasi muda kini makin paham dengan pentingnya investasi dan pengelolaan keuangan yang baik. Meski demikian, hal ini perlu didukung dengan ilmu yang bisa didapat dari praktisi keuangan terpercaya. Sehingga strategi keuangan yang kamu ambil bisa menghantar kamu ke tujuan keuangan yang ingin diraih.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela