Sukses

Lifestyle

Punya Rutinitas Setiap Hari, Ini Dampak Positifnya ke Kondisi Psikologis

Fimela.com, Jakarta Setiap hari menjalani rutinitas yang sama. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari itu-itu saja. Kadang kita menganggap punya rutinitas membuat kita hidup membosankan. Bahkan rutinitas yang terasa monoton menjadi hal yang merenggut kebahagiaan kita. Tapi tahukah bahwa punya rutinitas bisa memberi dampak positif ke kondisi psikologis kita?

Punya rutinitas bisa diartikan punya serangkaian tindakan yang dimulai dengan pemicu. Misalnya, bangun pagi kita langsung mencuci muka, menyikat gigi, dan mandi. Semua tindakan ini sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika akan berangkat ke kantor, pemicu awalnya bisa jadi adalah dorongan untuk menyelesaikan pekerjaan dan kebutuhan untuk aktualisasi diri. Saat kita punya rutinitas, maka hal ini bisa menjadi sebuah sumber kebahagiaan sendiri bagi kita.

Menstabilkan Emosi dan Menghadirkan Perasaan Rileks

Mengutip buku Hello, Habits segi positif dari kegiatan rutin adalah bahwa kita dapat mengubah suasana hati hanya dengan melakukan hal-hal yang sudah biasa kita lakukan. Kegiatan rutin berfungsi sebagai penyetal. 

Salah satunya adalah yang biasa dilakukan penulis Haruki Murakami. Dia berkata bahwa meskipun dia lari satu jam setiap hari, dia berlari lebih lama ketika menerima kritik tak beralasan atau ketika ditolak seseorang. Memiliki rutinitas bisa membantu kita menstabilkan emosi. 

"Dengan mempraktikkan kegiatan rutin, emosi negatif akan tersingkir, dan keteguhan hati bisa pulih," tulis Fumio Sasaki, penulis Hello, Habits. 

Punya rutinitas atau kegiatan rutin bisa membantu kita ke kondisi psikologis yang rileks dan lazim. Ketika tidak melakukan apa-apa atau terlalu lama bermalas-malasan, biasanya emosi negatif akan semakin kuat. Menjaga rutinitas dan kebiasaan baik bisa menjadi cara efektif untuk merawat diri dengan baik.

Jadi, rutinitas apa yang sudah kamu miliki dan selalu kamu jaga selama ini? Kalau pun belum memiliki rutinitas yan membuatmu nyaman, belum terlambat untuk memulainya dari awal. 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading