3 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Vinsensia Dianawanti27 Nov 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 13:00 WIB
aku uang dan menabung gaji suami

Fimela.com, Jakarta Menjadi karyawan membuatmu memiliki penghasilan tetap di setiap bulannya. Namun tidak jarang karyawan ingin mendapatkan penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan.

Keterbatasan waktu, modal, dan tenaga seringkali menjadi kendala karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk bisa membagi waktu dan kreativitas sehingga bisa fokus dalam menjalani berbagai pekerjaan secara bersamaan.

"Untuk memiliki penghasilan tambahan di luar gaji bulanan, tentunya dibutuhkan strategi yang matang agar dapat menyeimbangkan kewajiban utama di tempat kerja dengan tujuan finansial yang ingin diraih. Untuk itu, segala sesuatunya harus dilakukan secara efisien dengan memaksimalkan sumber daya, kesempatan, dan inovasi yang ada,” ungkap Heinrich Vincent, CEO PT Investasi Digital Nusantara (Bizhare).

Bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, ada cara tertentu untuk melakukannya tanpa mengganggu pekerjaan utama. Penasaran bagaimana caranya?

 

1. Manfaatkan internet untuk mencari informasi tambahan

Magic of Thinking Big (David Schwartz)
Ilustrasi Membaca Buku Bisnis Credit: pexels.com/Andrea

Kemudahan akses internet membuka lebar peluang bagi siapapun untuk dapat belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hampir semua hal dapat kamu temukan di internet secara gratis, termasuk inspirasi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menyimak beberapa video tips & trick singkat di YouTube, diskusi di forum-forum terpercaya, hingga mengikuti beberapa tokoh yang kerap membagikan pengalamannya di media sosial.

Untuk membekali diri dengan pengetahuan yang lebih mendalam, kamu bisa mengikuti webinar atau talkshow inspiratif. Saat ini, berbagai platform media sosial sering menyelenggarakan acara talkshow gratis yang bisa kamu manfaatkan. Selain untuk belajar, internet juga tentunya bisa menghubungkan kamu dengan pihak-pihak yang mungkin bisa membantu kelangsungan usahamu.

2. Maksimalkan waktu di luar jam kerja

Manajemen waktu yang baik merupakan kunci utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satunya dengan memanfaatkan waktu luang untuk mengambil pekerjaan lain di luar pekerjaan utama. Hal ini penting agar kamu dapat fokus menjalani kedua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan waktu luang untuk menyalurkan keterampilan lain di luar pekerjaan utama secara part time atau menjadi freelancer. Misalnya, mengambil pekerjaan freelance saat weekend sebagai videographer pada acara pernikahan atau membuat desain undangan untuk sebuah acara. Namun, jangan lupa juga menyisihkan waktu untuk istirahat dan me-time agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

 

3. Mencari passive income dengan berinvestasi

Strategi satu ini cocok untuk kamu yang sudah sibuk mengurus pekerjaan utama sembari mengelola pekerjaan tambahan, namun masih ingin menabung pundi penghasilan. Investasi merupakan salah satu cara yang praktis untuk mendapatkan passive income karena bisa dilakukan secara online melalui gadget saja. Selain berinvestasi pada produk reksa dana atau logam mulia, kamu bisa mencoba investasi dengan sistem crowdfunding.

Investasi ini menerapkan konsep urunan atau crowdfund bersama beberapa orang untuk membiayai franchise atau bentuk bisnis lain. Selain mudah, sistem crowdfunding juga dapat dimulai dengan nominal investasi yang tidak terlalu tinggi karena melibatkan banyak orang untuk pengumpulan dana.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela